Pend & Budaya

Unisri Bertekad Tingkatkan Perolehan Hibah PKM 2020

Pend & Budaya

9 Desember 2019 18:01 WIB

Workshop pembimbingan PKM bagi para dosen Unisri di Kampus setempat, Jumat (06/12/2019). (Dok. Istimewa)

SOLO, solotrust.com - Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta tengah berupaya meningkatkan perolehan hibah proposal program kreativitas mahasiswa (PKM) tahun usulan 2019 pendanaan tahun 2020.

Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Kemahasiswaan Unisri Sri Welas Asih kepada solotrust.com, Minggu (08/12/2019).



“Untuk meningkatkan perolehan hibah PKM tahun depan, kami menggelar workshop kepada puluhan dosen,” kata Asih.

Lanjut dia, salah satunya seperti workshop bertema Pembimbingan Program Kreativitas Mahasiswa, dilaksanakan Jumat (06/12/2019) kemarin di kampus setempat.

Dijelaskan Asih, tahapan dilaksanakan PKM mulai dari seleksi proposal mahasiswa, kemudian workshop bagi mahasiswa pengusul yang dinyatakan lolos seleksi. Setelah itu, proposal direvisi oleh reviewer internal maupun eksternal.

“Termasuk pembimbingan PKM bagi dosen pembimbing PKM dan terakhir revisi bersama mahasiswa pengusul dan dosen pembimbing,” terang dia.

Asih berharap melalui workshop diselenggarakan pihak kampus dapat menambah pengalaman dan khasanah pengetahuan kepada para dosen pembimbing proposal PKM.

Rektor Unisri, Sutardi menuturkan, dosen pembimbing PKM sudah selayaknya mendapat workshop khusus untuk meningkatkan kompetensi dari para narasumber yang bergelut di bidangnya. Dengan begitu, potensi PKM dari para mahasiswa untuk lolos lebih besar dengan jumlah lebih banyak dapat tersealisasi.

"Peningkatan kreativitas mahasiswa mutlak dilakukan secara maksimal,” kata rektor.

Sementara itu, reviewer proposal PKM Dikti, Hempri Suyatna, menyampaikan pentingnya materi tentang strategi, motivasi, dan pembimbingan PKM, baik bagi mahasiswa maupun dosen pembimbing. (adr)

(redaksi)