Ekonomi & Bisnis

Ini Seri Harley-Davidson yang Paling Diburu Kolektor

Ekonomi & Bisnis

8 Desember 2019 01:05 WIB

Harley-Davidson 1908. Sumber: https://nationalmcmuseum.org

YOGYAKARTA - Harley-Davidson Electra Glide Shovelhead 1970 mendadak jadi perbincangan menyusul terungkapnya dugaan penyelundupan oleh Direktur Utama PT Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Akhsara Danadiputra alias Ari Askhara.

Namun di kalangan pecinta motor legendaris asal Paman Sam itu, sebenarnya ada beberapa seri yang paling diburu karena kelangkaan dan popularitasnya. Pertama yang jadi incaran para kolektor itu tak lain Harley-Davidson 1903.



"Harley 1903 masih jadi keluaran paling fenomenal. Di Indonesia bisa dihitung jari yang punya, tak sampai unit jadi memang rare item," ujar pengurus Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) DI Yogyakarta Eka Wiyandi, Sabtu (7/12/2019).

Harley generasi awal dengan bentuk mirip sepeda dilengkapi sepasang pedal kayuh ini harganya disebut Eka sudah tembus dikisaran Rp 1,5 sampai 2 miliar.

Pada gelaran pecinta klasik, Indonesia Heritage Motorcyles 2018 di Candi Prambanan lalu, hanya saudara dekat Harley 1903 yakni Harley 1908 atau Harley seri 5 yang modelnya juga hampir serupa sepeda ikut diboyong untuk dipamerkan.

Harley 1903 maupun 1908 ini menggunakan pedal di dua sisinya untuk menghidupkan mesinnya. Sistem penggerak motor Seri 5 yang menjadi cikal bakal Harley seri big twin atau berkapasitas besar ini belum menggunakan transmisi, melainkan lewat sebuah belt atau sejenis sabuk seperti atau semi matic.

Harley 1908 itu milik komunitas dokter pecinta Harley-Davidson Meddocs dan di Indonesia hanya ada satu serta pernah ditawar harganya di atas Rp 500 juta namun tak dilepas.

Selanjutnya: Harga Harley-Davidson tipe yang dimiliki Elvis...

Seri Harley lainnya yang jadi buruan saat ini selain 1903 tak lain Harley 1956 atau kerap disebut Harley Elvis karena memiliki ikatan sejarah kuat kelahirannya bersama mendiang Elvis Presley.

"Saat Elvis mengendarai motor Harley 1956 itu kemudian dijadikan publikasi pihak pabrikan buat mendongkrak penjualannya. Karena fenomena Elvis tersebut Harley itu naik daun," ujarnya.

Eka menuturkan, unit Harley Elvis ini juga amat jarang di Indonesia, dengan jumlah di bawah 50 unit.

"Harga Harley Elvis biasanya Rp 450-500 juta," ujarnya.

Terakhir, seri yang masih jadi incaran apalagi kalau bukan sisa perang dunia II, yakni Harley WL rilisan 1943-1945.

"Kalau Harley sisa perang dunia dicari karena memang ikut andil dalam sejarah perang," ujarnya.

Saulus Lacaden, Koordinator Vintage Harley Davidson Enthusiast of Indonesia kepada Tempo pernah mengungkapkan untuk Harley tua yang amat langka produksi di bawah tahun 1945 antara lain seperti seri WL, WLA, UL, Doglet, XL, hingga JD.

Harga-harga motor legendaris Harley di bawah tahun 1945 itu paling murah Rp 320 juta. #teras.id

(wd)