Jumat , 28 Februari 2020

Petugas Damkar Kenalkan Penanggulangan Kebakaran Sejak Dini Kepada Anak TK

7 Desember 2019 16:54 WIB


Damkar Kabupaten Karanganyar kenalkan penanggulangan kebakaran ke puluhan siswa taman kanak-kanak (TK).

KARANGANYAR, solotrust.com- Guna mengenalkan penanggulangan bencana kebakaran, Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Karanganyar memberikan pelatihan cara menanggulangi kebakaran ke puluhan siswa taman kanak-kanak (TK) Miftahul Ulum Salaman, Kecamatan Matesih pada Sabtu (7/12/2019) siang. Pelatihan yang digelar di Taman Pancasila ini merupakan kegiatan outing class.

Dalam pelatihan pengenalan penanggulangan kebakaran ini, para siswa dijelaskan tentang tugas serta fungsi petugas Pemadam Kebakaran. Selain itu petugas juga mengenalkan jika terjadi kabakaran tabung gas di rumah, sehingga selain anak-anak, orang tua yang mendampingi juga menjadi tahu cara mengatasi kebakaran tersebut. Bukan hanya itu, pelatihan cara mematikan api dengan menggunakan karung basah juga dikenalkan tekniknya. Disini yang praktik orang tua dan gurunya, anak-anak terlihat terkesima melihat penanggulangan kebakaran secara sederhana ini. Di akhir acara, anak-anak dilatih memegang selang semprot air untuk pemadaman api dengan dipandu petugas Damkar tentunya. Mereka terlihat sangat senang sekali bermain semprotan air, setelah itu anak anak di persilahkan memakai mantol dan petugas menyemprotkan air ke puluhan anak-anak. Terlihat sekali kegembiraan mereka saat disemprot menggunakan air dari pemadam kebakaran.



“Melaui pendidikan sejak dini ini anak-anak dilatih kepedulian terhadap bencana kebakaran yang terjadi disekitarnya, minimal anak-anak mengenal dulu tentang pemadaman api secara sederhana.”  Ujar petugas Damkar, Setu.

Sementara itu guru TK Miftahul Ulum Tri Wahyuni mengatakan, kegiatan ini merupakan kgiatan outing class, dimana para siswa diajarkan pengenalan profesi dan bertujuan memperkenalkan secara dini cara pencegahan dan penanggulangan kebakaran. Selain itu para orang tua yang mendampingi juga diberikan cara cara pemadaman api secara sederhana. (joe) 

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com