Serba serbi

Bagi Kaum Hawa, Pikirkan 5 Masalah Ini Sebelum Membesarkan Payudara

Olahraga

5 Desember 2019 20:58 WIB

Ilustrasi.


JAKARTA - Payudara besar menarik? Sebagian orang mungkin berpikir demikian sehingga rela melakukan prosedur membesarkan payudara.



Namun, memiliki payudara besar belum tentu menyenangkan. Selain menambah beban, payudara besar bikin aktivitas seperti olahraga jadi tidak begitu nyaman. Selain itu, ada beberapa masalah yang bisa dialami perempuan dengan payudara besar, seperti berikut ini.

 

1. Mengalami pegal-pegal

Hubungan antara payudara besar dan masalah kesehatan memang tidak bisa dielakkan. Payudara terdiri atas jaringan lemak dan granular.

Semakin banyak lemak dan jaringannya, semakin besar dan berat pula payudara Anda. Karena itu, orang dengan payudara besar bisa lebih sering mengalami sakit punggung, nyeri leher, dan bahu yang pegal.

 

2. Muncul lekukan bekas tali bra di bahu dan kesulitan berolahraga

Bukan hal yang asing jika wanita berpayudara besar memiliki lekukan dalam pada bahu mereka. Garis-garis ini muncul akibat tekanan tali bra yang menyangga beratnya payudara.

Tak hanya itu, orang dengan payudara besar pun sering kesulitan untuk berolahraga atau melakukan kegiatan fisik lainnya. Misalnya, berlari.

 

3. Menimbulkan gangguan tidur

Ukuran payudara yang besar sangat menyulitkan saat pemiliknya tidur. Contohnya, bagi Anda yang suka tidur tengkurap, payudara yang besar akan menjadi halangan. Anda mungkin perlu menggunakan bantal sebagai penyangga di pinggul bawah agar tekanan pada dada bisa berkurang. Pasalnya, posisi Anda bisa lebih lurus.

Meski begitu, langkah tersebut terkadang kurang efektif. Ketika tidur, tubuh manusia otomatis berpindah posisi tanpa disadari. Karena itu, tidak jarang pula bila Anda bangun dengan posisi yang tidak nyaman.

 

4. Serba salah ketika memakai bra

Memilih juga bisa menjadi mimpi buruk bagi para pemilik payudara besar. Di satu sisi, Anda butuh bra berkawat untuk membantu dalam menopang berat payudara Anda. Di sisi lain, mengurung payudaranya dalam bra sepanjang hari bisa sangat menyiksa, apalagi saat menstruasi.

 

5. Memancing keinginan untuk operasi plastik

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Pediatrics, masalah yang timbul akibat memiliki payudara besar membuat beberapa remaja perempuan memilih untuk menyusutkan ukuran payudara mereka lewat operasi. Penelitian ini menyebutkan bahwa ada sekitar 100 operasi pengecilan payudara pada remaja wanita per tahunnya.

Lebih lanjut, remaja-remaja tersebut memilih operasi karena mereka merasa memiliki payudara besar lebih banyak merugikan daripada untung. Mulai dari kesulitan mencari pakaian yang pas hingga sakit leher yang mengganggu.

Jadi, masih ingin punya payudara besar? #teras.id

(wd)