Senin , 24 Februari 2020

Ramai Daftar CPNS, Pegawai Ini Malah Mundur dari ASN

4 Desember 2019 15:05 WIB


Screenshot pengunduran diri seorang aparatur sipil negara (ASN) (Sumber: Instagram)

Solotrust.com - Menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) masih diidam-idamkan banyak orang. Apabila ada lowongan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) banyak orang berbondong-bondong mendaftar. Bahkan acapkali orang rela menggunakan berbagai cara demi bisa diterima menjadi ASN.

Namun, jagat maya saat ini tengah heboh dengan pengunduran diri seorang ASN. Kabar kali pertama diunggah akun Instagram @kaligrafi_danishabby pada Minggu (01/12/2019). Dalam unggahan disertai alasan-alasan mengapa pemilik akun memilih mundur dari ASN, padahal sudah cukup lama mengabdi dan mempunyai jabatan cukup berpengaruh.



Resign dari ASN. Waktu terasa begitu cepat, tak terasa 5 bulan sudah berlalu. Per 1 Juli 2019 kemarin saya resmi resign dari ASN, 14,5 tahun mengabdi, memulai karier dari tenaga honorer sebagai keamanan kantor di tahun 2005, diangkat CPNS di tahun 2010, dan menjadi PNS di tahun 2011,“ ujarnya di caption Instagram.

Pemilik akun kemudian meneruskan tulisannya, “Akhir 2015 sd Juni 2019 kemarin, saya ditugaskan sebagai staf di Bagian Keuangan, mendapat tugas menyusun perencanaan anggaran dari staf biasa hingga menjadi ketua tim admin perencanaan anggaran. Semakin banyak tahu tentang seluk-beluk perencanaan anggaran harusnya buat diri ini semakin kaya akan pengalaman, tapi yang saya rasakan malah buat diri ini semakin takut, antara hati dan pikiran gak sejalan, takut akan pertanggungjawabannya."

"Pekerjaan sebagai ASN adalah amanah yang sangat besar, digaji oleh rakyat, ada sumpah yang diucapkan ketika awal menjabat. Dengan sistem yang ada, rasanya berat sekli tugas ini bisa dijalankan dengan benar dan penuh amanah sesuai sumpah yang pernah diucap," lanjutnya.

"Keputusan ini bukanlah keputusan yang mudah, hidup ini pilihan. Setiap pilihan ada konsekuensinya. Saya memilih mundur, bukan untuk menjadi sok suci karena ketika nanti waktunya tiba, saya sendiri yang harus mempertanggungjawabkan apa yang saya perbuat, apa yang saya lihat, apa yang saya dengar, dan apa yang saya rasakan. Mohon doanya kepada semuanya, semoga saya bisa menjadi manusia yang lebih baik dari keputusan yang saya ambil,” tulis akun tersebut membeberkan alasan dirinya memutuskan mundur sebagai ASN.

Kabar ini sontak menjadi viral di media sosial dan menjadi bahan obrolan. Ada yang menyayangkan keputusan sang pemilik akun, namun ada pula dukungan untuk mundur. (dd)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com