Selasa , 10 Desember 2019

Kreator Gundam Terima Penghargaan Budaya dari Pemerintah Jepang

3 Desember 2019 07:58 WIB


Yoshiyuki Tomino, kreator gundam (Dok. gundam.info; Yoshiyuki Tomino)


Solotrust.com - Badan Urusan Budaya Jepang pada Jumat (29/11/2019) mengumumkan bahwa kreator Gundam Yoshiyuki Tomino, mangaka Rumiko Takahashi dan pendiri studio anime Eiken, Hidenori Murata akan menerima penghargaan budaya untuk tahun Reiwa 1, yang dimulai pada 1 Mei.



Penghargaan tersebut diberikan untuk menghormati individu yang terlibat dalam industri anime dan manga dan telah mengukir prestasi yang menonjol dalam kegiatan artistik dan budaya.

"Selama bertahun-tahun, ketika Tomino merilis banyak karya besar sebagai sutradara animasi, ia telah berusaha keras untuk pertumbuhan generasi berikutnya dan membuat kontribusi besar pada promosi seni dan budaya Jepang," demikian bunyi pengumuman untuk Tomino, yang menciptakan sekaligus mensutradarai anime Mobile Suit Gundam.

Sementara itu, Rumiko Takahashi dikenal sebagai kreator manga seperti "Inuyasha" dan "Ranma ½". Sedangkan Hidenori Murata telah menjadi produser eksekutif untuk anime seperti "Cooking Papa" dan "Kobo-chan."

Untuk kreator Inuyasha, pemerintah Jepang mengatakan, "Ketika dia merilis banyak karya besar sebagai kreator manga selama bertahun-tahun, dia telah diberkahi dengan prestasi luar biasa baik di dalam dan di luar Jepang, dan dia telah membuat kontribusi besar untuk mempromosikan seni dan budaya Jepang."

Acara penghargaan akan diadakan di Auditorium 2 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi Jepang pada 6 Desember mendatang. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com