Pend & Budaya

Upaya Tingkatkan Produktivitas HaKI Dibahas dalam Refanas ke-4 Unisri

Pend & Budaya

30 November 2019 14:03 WIB

Refanas ke-4 Unisri di Gedung H Lantai 5 kampus setempat, Kadipiro, Banjarsari, Solo, Sabtu (30/11/2019)

SOLO, solotrust.com - Research Fair and National Seminar (Refanas) ke-4 Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta diselenggarakan dengan membahas tentang Peran Kampus dalam Peningkatan Produktivitas Kekayaan Intelektual Dalam Rangka Akselerasi Perolehan HaKI (Hak atas Kekayaan Intelektual).

"Kami memandang tema ini cukup penting di mana semua perguruan tinggi menyiapkan upaya untuk peningkatan akreditasi di perguruan tinggi masing-masing," ujar ketua pelaksana seminar, Dorothea Ririn Indriastuti kepada solotrust.com di sela acara Refanas di kampus setempat, Kadipiro, Banjarsari, Solo, Sabtu (30/11/2019).



Hasil dari kegiatan ini, kata dia, agar para peneliti dari kalangan perguruan tinggi semakin produktif menghasilkan karya-karya ilmiah serta inovasi teknologi baru yang dapat diarahkan untuk meningkatkan HaKI.

"Indonesia sangat tertinggal dalam penciptaan paten jika dibandingkan negara-negara lain di Asia. Kami berharap khususnya dosen-dosen Unisri semakin terdorong mempatenkan dan mendaftarkan hak cipta untuk karya-karya inovasi hasil libtadi (penelitian dan pengabdian masyarakat)," bebernya.

Adapun kegiatan Refanas ke-4 Unisri dibuka langsung Rektor Unisri Sutardi, diikuti 125 peserta terdiri atas dosen internal Unisri dan dosen dari perguruan tinggi se-Jawa Tengah dan DIY.

Narasumber yang dihadirkan adalah Sabartua Tampubolon (Direktur Harmonisasi Regulasi dan Standardisasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) dan Fokky Fuad (dosen Universitas Al Azhar Indonesia). (adr)

(redaksi)