Minggu , 5 Juli 2020

Mahasiswa DKV ISI Surakarta Gelar Pameran Desain Akhir Tahun

28 November 2019 16:03 WIB


Pengunjung menyaksikan pameran desain akhir tahun DKV ISI Surakarta di Lantai 2 Gudang Sekarpace, Jalan Ir. Sutami, Nomor 25, Jebres, Solo, Rabu (27/11/2019)

SOLO, solotrust.com - Mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta mengadakan pameran desain akhir tahun dengan menampilkan beragam karya unggulan.

Pameran diselenggarakan di Lantai 2 Gudang Sekarpace, Jalan Ir Sutami, Nomor 25, Jebres, Solo selama tiga hari, Senin hingga Rabu (25-27/11/2019). Ketua Panitia, Muhammad Shafrizal Fajar Maulana menuturkan pameran mengambil tajuk  "Aku: Kata Dia". Kegiatan ini juga dirangkai dengan beragam acara pendukung, seperti talk show, workshop, creative sharing,  bedah karya, dan hiburan.



"Tajuk tersebut diambil dari ide gagasan bahwa karya berasal dari beragam selera, gaya, media, dan konsep yang harus saling dihargai karena setiap selera punya nilainya tersendiri," kata Fajar kepada solotrust.com di sela kegiatan.

Ia menerangkan, karya merupakan sebuah penggambaran tentang perspektif di mana “aku” terlihat dari bagaimana “dia” menilainya. Karya dilihat dari bagaimana penikmat menilainya.

"Aku: Kata Dia adalah bentuk pandangan dan apresiasi, di sinilah tempat untuk menghargai selera seseorang di dalam karyanya," ujarnya.

Mahasiswa angkatan 2017 DKV ISI Surakarta  menampilkan sebanyak lebih dari 30 buah karya  seperti augmented reality, motion graphic, boardgame, ilustrasi intellectual property, kampanye, desain produk, user interface, animasi, videografi, fotografi, dan karya desain komunikasi lainnya yang dikerjakan secara individu maupun kelompok.

"Karya tersebut menyorot beragam tema seperti masalah sosial, media pembelajaran, fenomena di masyarakat, edukasi, hiburan lewat beragam media dan teknik, baik digital imaging, manual maupun kombinasi antara keduanya. Karya ini sekaligus sebagai wujud kompetensi perkuliahan mahasiswa," ucapnya.

Sementara itu, Kaprodi DKV FSRD ISI Surakarta, Asmoro Nurhadi Panindias menyampaikan, aktivitas kreatif ini sebagai bagian dari program kerja setiap angkatan melalui pameran. Harapannya agar masyarakat di luar kampus mengetahui perkembangan dan pencapaian yang dihasilkan mahasiswa selama menempuh pendidikan di ranah akademik.

"Lewat kegiatan kreatif ini diharapkan menjadi media promosi sekaligus publikasi atas karya desain yang sudah dihasilkan dan output dari Prodi DKV ISI Surakarta," tutup dia. (adr)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com