Ekonomi & Bisnis

120 UMKM Ramaikan Solo Trade Expo 2019

Ekonomi & Bisnis

25 November 2019 17:05 WIB

Kepala Dinas Perdagangan Heru Sunardi (kiri) dan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (kanan)

SOLO, solotrust.com - Solo Trade Expo 2019 rencananya digelar selama empat hari, 28 November hingga 1 Desember 2019 di Balai Kota Solo. Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Heru Sunardi, mengatakan Solo Trade Expo 2019 merupakan acara pamungkas Dinas Perdagangan Solo dengan konsep expo, edukasi, dan hiburan.

"Solo Trade Expo ini untuk mendongkrak gairah perekonomian bersama pelaku usaha di Kota Solo yang akan diikuti sebanyak 120 stan UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) dari berbagai bidang usaha," terangnya, saat jumpa pers di Ruang Rapat Humas Protokol Balai Kota Solo, Senin (25/11/2019).



UMKM yang berpartisipasi dalam pameran ini meliputi berbagai bidang usaha seperti kuliner, fashion, suvenir, aksesoris hingga otomotif. Selain memamerkan produk unggulan dari UMKM binaan dinas, turut dihadirkan pula produk BUMN, BUMD, dan swasta. 

Selain pameran produk, Solo Trade Expo 2019 juga menghadirkan beragam rangkaian acara, seperti sosialisasi dan konsultasi terkait perizinan UMKM, PIRT, hak paten merek, lomba mewarnai pola batik oleh anak TK dan SD hingga fashion.

Solo Trade Expotahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena didahului dengan pelatihan marketing online untuk mencetak reseller pada 18 November 2019. Melalui latihan ini diharapkan terbentuk reseller yang akan membantu penjualan secara online produk UMKM yang menjadi peserta pameran setelah acara.

"Tujuan pameran untuk memaksimalkan penjualan pada saat kegiatan dan setelah kegiatan yang bersifat kesinambungan akan tercapai. Serta menjadi salah satu solusi pengurangan pengangguran dalam bentuk penempatan tenaga kerja nonformal," papar Heru Sunardi. (Rum)

(redaksi)