Pend & Budaya

2650 Kafilah di Jateng Ramaikan Festival Anak Soleh Indonesia di Donohudan

Pend & Budaya

24 November 2019 13:01 WIB

Festival Anak Soleh.

BOYOLALI, solotrust.com- Sedikitnya ada 2650 kafilah/kontingen dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah mengikuti Festival Anak Soleh Indonesia (FASI) ke VII tingkat Jateng di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jumat hingga Sabtu (22-23/11/2019).

Penyelenggaraan tahun ini FASI dikemas dalam berwawasan Kebangsaan, seperti lomba pengucapan Pancasila, Pembacaan teks pembukaan UUD 1945 dan lomba menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan beregu.



"Pada tahun ini pelaksanaannya berbeda dengan tahun sebelumnya. Sekarang dikemas dalam FASI berwawasan Kebangsaan, jelas bernuansa Islami serta Nasionalisme,” kata Ketua Umum Badko TPQ Jateng, Ateng Chozany Miftah, kepada wartawan, Jumat (22/11/2019) sore di Donohudan.

Dijelaskan dia, FASI berwawasan Kebangsaan ini digelar sejalan dengan dicanangkan program penanaman nilai-nilai kebangsaan dalam pendidikan TPQ oleh Badko TPQ Jawa Tengah. Dalam hal ini, untuk menyiapkan generasi anak bangsa yang qur'ani dan nasionalisme. Sehingga di Jateng ini menjadi generasi yang kokoh, beraqidah, rajin beribadah, berbudi pekerti luhur, cinta tanah air dan NKRI.

“Cara seperti ini adalah untuk memasukan butir cinta tanah air dan NKRI ke dalam ikrar santri. Ini  agenda rutin tiga tahunan yang akan mendorong tumbuh kembangkan TPQ di Jateng dan sebagai ajang silaturahmi," ujar Ateng.

Sementara itu,Ketua Pelaksana Festival Anak Sholeh Mustofa Ayi mengatakan, dari 45 cabang yang akan diperlombakan, yakni dari katagori, TKQ, TPQ dan TQA. Lomba ini meliputi pelajaran Al Quran (tartil, tilawah, tahfid, CCQ), pelajaran agama Islam, Senin budaya Islam dan wawasan kebangsaan.

"Nantinya juara 1 FASI VII ini akan dikirim mengikuti FASI Nasional XI di Palangkaraya Kalimantan Tengah pada 2020 mendatang.Ini merupakan juga sebagai ajang seleksi TPQ,"pungkasnya. (Jaka).

(wd)