Selasa , 10 Desember 2019

Sederet Prestasi BLACKPINK di Tahun 2019

23 November 2019 06:28 WIB


BLACKPINK. (Dok. YG Entertainment).


Solotrust.com - Selama tahun 2019, BLACKPINK banyak menorehkan capaian impresif. Yang terbaru, MV "Kill This Love" diumumkan YouTube sebagai salah satu dari 10 MV yang paling banyak ditonton tahun ini.



BLACKPINK menempati peringkat ketujuh dalam daftar, yang sekaligus menjadi satu-satunya artis asal Korea Selatan yang ada di sana. Hingga Jumat (22/11) pukul 10.30 WIB, MV itu telah ditonton hingga 656 juta kali.

MV "Kill This Love" bahkan berada di atas MV Billie Eilish yakni "bad guy" di peringkat ke-8 dan "7 rings" dari Ariana Grande di peringkat ke-9.

MV "Kill This Love" melampaui 100 juta kali penayangan pada 62 jam sejak dirilis. MV tersebut kemudian menjadi MV K-Pop tercepat yang melampaui 200 juta penayangan.

Paska dirilis, "Kill This Love" juga menempati peringkat ke-41 dan ke-24 Billboard Hot 100 dan Billboard 200. BLACKPINK pun mencetak rekor sebagai girlgroup K-Pop pertama sekaligus yang paling lama bertahan di tangga lagu utama Billboard itu, yakni selama 4 minggu berturut-turut. Grup ini juga masuk 'Top Singles Chart' di Official Chart Inggris selama 5 minggu berturut-turut.

BLACKPINK juga menjadi group K-Pop pertama yang mendapatkan sertifikasi platinum di Australia. Australian Recording Industry Association (ARIA) belum lama ini mengumumkan sertifikasi single per September 2019 dan "Kiss And Make Up" mendapatkan platinum karena sudah terjual hingga 70.000 unit.

"Kiss and Make Up" adalah salah satu lagu dalam album edisi super deluxe  Dua Lipa dari album debutnya, yang rilis Oktober 2018. Lagu yang mengandung unsur tropical sound itu menggunakan lirik baik Bahasa Inggris maupun Korea.

Sejak debut, BLACKPINK telah memiliki 18 video dengan lebih dari 100 juta penayangan, termasuk MV dan video dance practice. Channel YouTube resmi mereka juga telah memiliki 31,4 juta subscriber. Mereka pun kini menjadi girlgroup yang paling banyak diikuti di Spotify, melampaui Fifth Harmony dan Little Mix.

Baru-baru ini, BLACKPINK juga dipilih dalam daftar "TIME 100 NEXT 2019", bersanding dengan selebriti dunia seperti Camila Cabello dan Ezra Miller.

Dalam daftar itu, ada 100 figur yang dikategorikan ke dalam lima kategori berbeda yakni Artis, Pengacara, Pemimpin, Phenom, dan Penemu. BLACKPINK masuk dalam kategori phenom, karena pengaruh global mereka dan kekuatan fans mereka di dunia digital.

Grup beranggotakan Jennie, Rosé, Jisoo dan Lisa itu juga berhasil memenangkan tiga kategori di E! People's Choice Awards, yakni The Group of 2019, The Music Video of 2019 dan The Concert Tour of 2019.

Untuk konser, BLACKPINK telah tampil di 23 kota di seluruh dunia melalui 32 pertunjukan tahun ini. Grup asal YG Entertainment itu juga akan segera memulai tur dome Jepangnya, yang dimulai 4 Desember nanti di Tokyo Dome. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com