Sabtu , 7 Desember 2019

Awas! Suka Merokok, Begini Akibatnya pada Paru-paru

22 November 2019 11:03 WIB


Penampakan paru-paru yang menghitam karena rokok

Solotrust.com - Merokok merupakan sebuah aktivitas yang menurut dunia kesehatan akan memberikan dampak bagi kesehatan paru-paru. Seorang perokok apabila dirontgent akan terlihat flek hitam menutupi sebagian atau bahkan seluruh paru-paru dalam tubuhnya.

Seperti yang terjadi di China, dalam sebuah rekaman video yang beredar di internet, Rumah Sakit Rakyat di Wuxi Jiangsu China mendapatkan sebuah donor anggota dan organ tubuh dan seorang yang telah meninggal. Namun, paru-paru pasien tersebut ketika didonorkan telah terlihat hitam kelam. Sang pendonor diindikasikan telah mengonsumsi rokok dalam jangka waktu lama sehingga paru-parunya hitam legam.



Seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (19/11/2019), beberapa waktu lalu ada seorang pasien mendaftarkan organ tubuhnya untuk disumbangkan tatkala dirinya sudah meninggal. Ketika dokter melakukan pemeriksaan dinyatakan paru-parunya sudah tidak bisa didonorkan lagi lantaran banyaknya residu tembakau.

“Teks indeks oksigenasi awalnya baik-baik saja, tetapi ketika kami mengambil organ (paru-paru), kami menyadari bahwa kami tidak dapat menggunakannya,” ungkap dokter rumah sakit sekaligus wakil presiden rumah sakit setempat, Chen.

Dokter Chen mengutarakan kebanyakan orang China suka merokok, namun ada standardisasi ketat ketika seseorang akan mendonorkan paru-parunya. Kejadian tersebut menjadi kesempatan bagi para dokter mengampanyekan kepada masyarakat untuk berhenti merokok dan beralih ke gaya hidup sehat. Hal ini penting agar organ-organ di dalam tubuh bisa bersih dan tidak tercemar berbagai racun. (dd)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com