Serba serbi

Lawan Hoaks, Halodoc Kampanye #TanyaDokterAsli Gandeng BCL

Olahraga

17 November 2019 00:05 WIB

Peluncuran Kampanye #TanyaDokterAsli Halodoc

JAKARTA, solotrust.com - Halodoc, platform layanan kesehatan digital karya anak bangsa, meluncurkan kampanye #TanyaDokterAsli bertepatan dengan momentum Hari Kesehatan Nasional. Peluncuran kampanye ini menggandeng artis wanita Bunga Citra Lestari (BCL) yang dinilai sebagai sosok pekerja seni sekaligus ibu dengan mobilitas tinggi, namun tetap memprioritaskan kualitas kesehatan keluarga.

Kampanye bertujuan mengajak sekaligus mengedukasi masyarakat akan pentingnya berkomunikasi langsung dengan dokter terpercaya untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan.



Vice President of Marketing Halodoc, Felicia Kawilarang, mengatakan perputaran informasi begitu cepat dan mudah membuat masyarakat terpapar begitu banyak referensi yang belum tentu kredibel, termasuk soal kesehatan. Berdasar data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sepanjang Agustus 2018-Februari 2019, hoaks terkait kesehatan menjadi salah satu hoaks tertinggi setelah politik. Terlebih, kondisi literasi tentang kesehatan masyarakat masih cenderung rendah.

“Kini, melalui kampanye #TanyaDokterAsli, kami ingin mengajak lebih banyak masyarakat untuk bisa berkonsultasi dengan lebih dari 20 ribu dokter terverifikasi yang telah tergabung dalam ekosistem Halodoc,” terangnya melalui siaran pers, pekan ini.

Menurut Felicia Kawilarang, Halodoc berkomitmen memberikan akses kesehatan tepercaya dan aman, bermitra dengan para dokter kredibel. Dalam proses kurasi dokter, terdapat beberapa tahap mulai dari pemeriksaan lisensi yang harus dimiliki hingga pelatihan bagi dokter tentang cara menjawab pasien melalui teknologi dalam aplikasi Halodoc.

Perwakilan dokter, Iman Teguh Badruzzaman, mengatakan dengan banyaknya informasi beredar, masyarakat dituntut semakin kritis dalam menyaring informasi kesehatan terpercaya. Hal ini menjadi tantangan bersama dalam mewujudkan ekosistem di industri kesehatan Indonesia yang kondusif.

"Melalui pemanfaatan teknologi yang dilakukan oleh Halodoc, memberikan kesempatan bagi saya untuk turut memperluas akses kesehatan bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya. (rum)

(redaksi)