Jumat , 28 Februari 2020

Dorong IKM Batik Tertib Administrasi, Disnakerin Solo Gelar Industry Innovation Award 2019

14 November 2019 09:31 WIB


Innovation Industry Award 2019

SOLO, solotrust.com - Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Solo menggelar Industry Innovation Award 2019. Ini merupakan ajang kedua sejak dihelat 2017 lalu. 

Kasie Industri Kreatif Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Solo sekaligus humas acara Industry Innovation Award 2019, Ari Yeppi Kusumawati, menjelaskan kegiatan digelar guna menyambut era tourism 4.0, mendukung terwujudnya Solo Smart City khususnya pada bidang ekonomi kreatif yang bertumpu pada daya saing industri kreatif.



"Harapannya industri kreatif rumahan sekalipun mereka harus sadar akan tertib administrasi hingga IPAL (instalasi pengolahan air limbah). Apa yang dilakukan Pemkot (pemerintah kota) ini bertujuan untuk melindungi IKM (industri kecil dan menengah) itu sendiri. Bahkan, Pemkot membantu soal paten dan fasilitasi yang lain," tuturnya pada awak media, Rabu (13/11/2019).

Kata Ari Yeppi Kusumawati lebih lanjut, kegiatan ini menyasar pelaku industri kreatif dengan tema batik. Pendaftaran dibuka sejak Oktober 2019, kemudian dilakukan seleksi administrasi mulai dari izin usaha sampai pegawainya. Dilanjutkan penilaian kelengkapan tertib administrasi.

"Setelah lolos administrasi, dilakukan peninjauan ke lapangan dan mendokumentasikan dengan video untuk melihat proses produksi yang ada di IKM tersebut, mulai dari tempat usaha, SOP (standard operating procedure), izin, rekening bank, pegawai, dan lainnya. Tinjauan lapangan ini untuk melengkapi dan menambah bukti lapangan dari IKM batik yang telah lolos administrasi," imbuhnya.  

Adapun dari sebelas pendaftar lolos seleksi, terdapat sembilan IKM batik masuk tahap wawancara dan pameran produk. Peserta dinilai langsung tim juri terdiri atas akademisi, praktisi manajemen dan praktisi media di Kota Solo pada Kamis, 7 November 2019 di Sentra IKM Kreatif Semanggi Harmoni.

Memeriahkan acara turut digelar lomba fashion show diikuti sebelas IKM batik lolos seleksi, serta lomba desain motif batik diikuti pelajar SMA/SMK se-Kota Solo. Puncak acara Malam Anugerah Industry Innovation Award 2019 di Sentra IKM Kreatif Semangi Harmoni. Selama cara berlangsung ada pameran produk dari nominator dan paguyuban yang ada di Sentra IKM Semanggi Harmoni dan pelaku industri kreatif Kota Solo. (rum)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com