Senin , 30 Maret 2020

HKN, Pemerintah Tekankan Inovasi Pelayanan Kesehatan dan Harmonisasi Kebijakan

12 November 2019 23:01 WIB


Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo saat menjadi inspektur dalam upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 di halaman Balai Kota Solo, Senin (11/11/2019). (Dok. Humas Pemkot Solo)

SOLO, solotrust.com– Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 diperingati dengan upacara di Halaman Balai Kota Solo, Senin (11/11/2019). Upacara dipimpin langsung Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, bertindak selaku inspektur.

Upacara diikuti peserta dari sejumlah rumah sakit di Kota Solo, seperti RS Triharsi, RS dr Oen, RS Moewardi, RS Kasih Ibu, RS Kustati, akademisi kesehatan, dan organisasi profesi seperti Ikatan Dokter Indonesia, lkatan Apoteker Indonesia hingga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Solo.



Rudy menyampaikan tema dari Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 Tahun 2019 adalah "Generasi Sehat Indonesia Unggul”. Dalam pidatonya membacakan amanat Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto ada beberapa poin ditekankan.

“Dalam perspektif saat ini pembangunan kesehatan menekankan dua penguatan, yaitu optimalisasi inovasi layanan kesehatan dan harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan,” terang Rudy.

Optimalisasi inovasi layanan kesehatan, lanjut Rudy, dimaksudkan untuk mengefisiensikan tindakan-tindakan yang mahal dengan mengoptimalkan inovasi pelayanan kesehatan melalui penyediaan obat serta alat kesehatan produk lokal dalam negeri tanpa mengurangi kualitas dan mutu.

“Sedangkan harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan terkait konektivitas antarkementerian dan lembaga, lintas sektor maupun unit-unit kerja lintas program terkait lebih ditingkatkan agar tidak terjadi tumpang tindih, sehingga fokus pada pemecahan masalah kesehatan,” ucapnya.

Dijelaskan Rudy, semua itu membutuhkan dedikasi dan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam sektor kesehatan di tingkat pusat dan daerah.

"Kita berharap generasi sehat yang kita perjuangkan bersama dapat menjadi SDM unggul yang akan mengisi seratus tahun Indonesia merdeka pada tahun 2045 yang bertepatan saat bonus demografl untuk mengantarkan Indonesia menjadi negara maju, makmur dan sejahtera," pungkas wali kota. (adr)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com