Pend & Budaya

Mahasiswa ISI Teliti Huruf Tersembunyi di Barang Antik

Pend & Budaya

12 November 2019 10:01 WIB

Mahasiswa semester 3 angkatan 2018 Prodi DKV FSRD ISI Surakarta saat meneliti font tersembunyi dibalik barang antik Pasar Triwindu, Solo, Senin (11/11/2019)

SOLO, solotrust.com – Pasar Triwindu menjadi objek riset Tipografi Nusantara oleh mahasiswa Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dalam kegiatan praktik di luar kampus, Senin (11/11/2019).

Dosen pengampu mata kuliah, Ipung Kurniawan Yunianto, menuturkan kegiatan ini dilaksanakan mahasiswa semester 3 angkatan 2018. Adapun tema yang diusung adalah Discover the Hiding Font Treasures menggali tipografi dalam bingkai fotografis



“Perkuliahan ini bertujuan untuk melakukan penelitian di Pasar Triwindu dalam rangka menemukan bentuk font atau huruf tersembunyi di pasar barang antik di Kota Solo tersebut,” kata Ipung Kurniawan Yunianto.

Kegiatan diikuti sebanyak 70 mahasiswa, terbagi dalam sepuluh kelompok. Adapun masing-masing kelompok beranggotakan tujuh mahasiswa, dibagi dalam beberapa titik area.

Dosen pengampu lainnya, Taufik Martono menyampaikan, program ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam kemampuan mengidentifikasi bentuk huruf dengan metode fotografis. Dengan begitu, mereka terlatih kepekaan secara visual untuk mengenali dan memahami karakter huruf, terlebih dari anatomi hurufnya.

“Jadi selama di Pasar Triwindu ini, mahasiswa mengeksplorasi dan mengamati bentuk-bentuk huruf dari citra visual benda-benda antik untuk dipotret, diabadikan sebagai temuan visual yang nantinya akan dipresentasikan di depan kelas,” katanya.

Ditambahkan, kegiatan ini juga sebagai strategi untuk mengenalkan khasanah pasar unik di Kota Solo bagi generasi muda.

“Tujuannya untuk lebih mengetahui keunikan dan kekhasan potensi pariwisata yang dibalut dengan wawasan akademis Tipografi Nusantara,” pungkas Taufik Martono.

(redaksi)