Jumat , 6 Desember 2019

Lembaga Keuangan Syariah Dorong Peningkatan Literasi dan Inklusi

12 November 2019 01:03 WIB


Sosialisasi pre-event pameran perbankan syariah iB vaganza di salah satu restoran kawasan Jalan Slamet Riyadi, Kota Solo, Senin (11/11/2019)

SOLO, solotrust.com – Lembaga keuangan syariah mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah melalui kegiatan Islamic Banking (iB) Vaganza yang diselenggarakan di Solo Paragon Mall, Jumat hingga Minggu (22-24/11/2019).

Corporate Secretary BCA Syariah, Nadia Amalia menuturkan, iB vaganza merupakan bentuk sinergi antara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan pelaku industri keuangan syariah. Kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah. Pada 2016 dari survei OJK, masing-masing berada di angka 8,1 persen dan 11,1 persen masih di bawah keuangan konvensional.



Nadia Amalia mengatakan pameran perbankan syariah iB vaganza melibatkan tiga lembaga keuangan syariah, yakni BCA Syariah, Danamon Syariah, dan Pegadaian Syariah. Selanjutnya akan ada serangkaian kegiatan edukasi lainnya kepada komunitas pedagang, santri, dan pelajar di Kota Solo pada 12 hingga 14 November 2019.

“Acara ini dikemas secara menarik, kenapa iB vaganza? Ya karena kami ingin memberikan edukasi keuangan syariah secara kekinian dan kreatif, sekalian membuka akses bagi masyarakat untuk mengenal lebih jauh keuangan syariah,” terangnya di sebuah restoran kawasan Jalan Slamet Riyadi, Kota Solo, Senin (11/11/2019).

Literasi keuangan merupakan pengetahuan, keterampilan, keyakinan yang memengaruhi sikap dan perilaku untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan pengelolaan keuangan dalam rangka mencapai kesejahteraan. Sedangkan inklusi keuangan merupakan ketersediaan akses pada berbagai lembaga, produk, dan layanan jasa keuangan sesuai kebutuhan dan kemampuan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan.

“Survei literasi keuangan OJK tahun 2019 menunjukkan indeks literasi keuangan mencapai 38,03 persen dan indeks inklusi keuangan 76,19 persen. Angka tersebut meningkat dibanding hasil survei OJK tahun 2016 di mana literasi keuangan 29,7 persen dan inklusi keuangan 67,8 persen. Adapun dalam tiga tahun peningkatan pemahaman literasi sebesar 8,33 persen dan inklusi 8,39 persen,” paparnya.

Sementara itu, Pemimpin Cabang Pegadaian Syariah Solo, Purwiyono, memaparkan tips bijak berinvestasi yang utamanya harus mengenal legal dan logis.

“Teliti legalitas lembaga dan produk, pahami proses bisnis yang ditawarkan, manfaat dan risikonya, hak dan kewajiban, kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya, meneliti bentuk dan cara pemasaran produk investasi dan jangan menyerahkan dana sebelum membuat dan menandatangani perjanjian yang resmi dan detail,” bebernya

iB vaganza merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan sejak 2012. Kegiatan yang diadakan, antara lain lomba, talk show edukatif dan presentasi dari peserta pameran diikuti lebih dari 20 lembaga keuangan syariah Kota Solo dan sekitarnya. (adr)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com