Ekonomi & Bisnis

RS JIH Solo Resmi Beroperasi, Fasilitasnya Lengkap Harga Kompetitif

Ekonomi & Bisnis

10 November 2019 23:10 WIB

Rumah Sakit JIH Solo, saat Grand Opening, Sabtu (9/11/2019).

SOLO, solotrust.com – Bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada 12 Rabiul Awal, Rumah Sakit Jogja Indonesia Hospital (JIH) Solo melaksanakan Grand Opening layanan medis secara penuh dalam gedung yang berdiri vertikal berlantai 10 di Jalan Adi Sucipto nomor 118, Jajar, Laweyan, Kota Solo, Sabtu (9/11/2019).

“RS JIH Solo lahir pada 1 September 2019 bertepatan pada 1 Muharram, dan memulai soft opening pada 10 September 2019 yang bertepatan dengan 10 Muharram. Kenapa hari-hari dipilih yang hari bersejarah karena kami memiliki visi menjadi rumah sakit pilihan yang Rahmatan Lil'Alamin dengan layanan profesional, modern dan berbasis nilai keislaman dalam melayani warga kota Solo dan Solo Raya," kata Direktur Utama RS JIH Solo, Didit Novianto dalam jumpa pers di sela kegiatan grand opening.



Didit menjelaskan, rumah sakit yang memiliki delapan jenis kamar rawat inap itu berada di bawah pengelolaan PT Yabinstra Medika Farma yang didirikan oleh Yayasan Bina Sejahtera memegang saham 90 persen serta PT Unisia Medika Farma yang membawahi RS JIH Jogja dengan saham 10 persen sebagai pendampingan.

“Kita punya lima layanan unggulan, yakni Mom and Kids Center, Hearing Center, Trauma Center, Minimal Invasive Procedure Center, dan Healty Life Center," tuturnya.

RS JIH Solo saat ini memiliki sebanyak 104 tempat tidur pasien yang dibagi menjadi delapan kelas mulai kelas 3, kelas 2, kelas 1, Main Class, VIP, VVIP, Suite Room dan President Suite.

RS JIH Solo dengan tagline The Ultimate Value Health Care ditunjang tenaga ahli sekitar 61 dokter spesialis dari berbagai disiplin dengan alat penunjang medis yang mutakhir, sembilan dokter umum, perawat dan paramedis profesional di bidangnya.

"Produk - produk kami juga sudah mendapat sertifikasi halal, hingga sistem yang otomatis, Medical Record dari pendaftaran hingga pasien keluar, tidak ada salah instruksi dokter dari tulisan dokter, karena semua akan terbaca dalam satu system yang didesain safety zero accident, mengutamakan respon time," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Medik dan Keperawawatan RS JIH Solo, Wisnu Prima Putra, menambahkan, RS JIH Solo masuk ke dalam rumah sakit tipe C sesuai aturan izin operasional saat rumah sakit pertama kali beroperasi.

"Tapi pelayanan kami sudah paripurna, lengkap berbagai pelayanan kaki sediakan," terangnya.

Untuk sementara di awal operasional ini RS JIH Solo belum bisa menerima pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) karena syarat administrasi sedang dijajaki bersama Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan untuk menjadi provider.

"Untuk saat ini kami sedang melengkapi administrasi untuk menjadi provider BPJS, rumah sakit mengajukan nanti BPJS yang memutuskan kami bisa jadi rekanan, ada instrumen yang harus dipenuhi sedang dalam proses, jadi perlu waktu," jelasnya.

Kendati begitu, lanjut Wisnu, RS JIH Solo kini telah menjalin kerja sama dengan sekitar 16 perusahaan asuransi, supaya menjangkau  pelayanan yang lebih luas.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Operasional dan Keuangan RS JIH Solo, Anang Rahmadi, menyebut harga yang ditawarkan kompetitif dengan rumah sakit swasta lainnya.

"RS JIH Solo membuka poli spesialis setiap Senin-Sabtu pukul 07.00-21.00 WIB serta beberapa poli spesialis yang tetap melayani pasien pada Minggu atau hari libur," kata dia.

"Dokter spesialis di Poli Anak, dokter spesialis kandungan dan kebidanan (obsgyn), dokter spesialis penyakit dalam, serta dokter spesialis gigi yang selalu siap melayani pasien dari pagi sampai malam tanpa jeda waktu," imbuh dia.

Untuk harga kamar rawat inap yang ditawarkan bervariasi mulai dari kelas 3 Rp 110 ribu hingga president suite seharga Rp 2,5 juta per malam.

"Kamar president suite memiliki fasilitas AC, satu bed, ruang keluarga, ruang rapat, dua kamar mandi, kloset duduk elektrik, bedside cabinet, kulkas, kursi tunggu, overbed table, meja televisi, lemari pakaian, dispenser,  LED Smart TV 70 inci, bed penunggu, telepon, satu set dapur, serta satu set meja makan," paparnya.

RS JIH Solo memiliki kenyamanan yang khas, mengutamakan kerahaman staf dan empati perawat. Dilengkapi fasilitas parkir luas, ada fasilitas parkir wanita, kafe dan toko roti serta food court untuk tempat bersantai.

"Juga disediakan minimarket untuk belanja kebutuhan sehari-hari pasien, atm center. Seperti tema grand opening ini adalah sahabat tepat menuju sehat," pungkas dia. (adr)

(wd)