Kamis , 21 November 2019

Lemon Jadi Hit, Kenshi Yonezu Ungkap Makna Hit Baginya

9 November 2019 07:56 WIB


Kenshi Yonezu dalam MV "Lemon"

Solotrust.com - Lagu "Lemon" milik Kenshi Yonezu menjadi hit. Lagu itu bahkan kini berhasil menorehkan sejarah di industri musik Jepang.

The Recording Industry Association of Japan (RIAJ) atau asosiasi industri rekaman Jepang belum lama ini merilis sertifikasi digital untuk bulan September 2019 dan "Lemon" mendapatkan sertifikasi 3 Million karena sudah terjual hingga 3.000.000 kopi.



Dengan ini, "Lemon" menjadi lagu ketiga yang berhasil mencapai angka itu dalam sejarah musik Jepang, mengikuti "Soba ni Iru ne" dari Thelma Aoyama dan "Kiseki" dari GReeeeN.

Sebelum ini, Billboard Japan pernah menanyakan makna hitnya "Lemon" bagi Kenshi Yonezu. Saat itu, yakni pada Juni 2018, "Lemon" berhasil memuncaki chart pertengahan tahun HOT 100 Billboard Japan. "Lemon” sendiri rilis pada 14 Maret 2018 dan menjadi lagu tema drama Jepang berjudul “Unnatural”.

"Saya menulisnya dengan harapan dapat menjangkau sebanyak mungkin orang. Jadi saya senang untuk berpikir bahwa saya sekarang berada dalam posisi untuk mewujudkannya. Saya sangat senang," kata Kenshi Yonezu.

Tahun 2018 menjadi tahun yang hebat bagi Kenshi Yonezu. Albumnya "BOOTLEG" yang ia rilis tahun sebelumnya berada selama 28 minggu berturut-turut di chart Album Hot Billboard Japan. "Uchiage Hanabi" juga tercatat 40 minggu berturut-turut berada di HOT 100 sejak Agustus 2017.

Ketika ditanya kapan ia merasa lagu-lagunya sudah mulai menembus masyarakat, Kenshi menjawab, "Saya tidak benar-benar tahu bagaimana musik saya distreaming di sekitar kota, karena saya jarang berjalan di sekitar tempat yang sibuk. Jumlah penayangan di YouTube mungkin adalah tempat di mana saya paling merasakan popularitas lagu saya."

Lebih lanjut, saat Kenshi ditanya apa dia pikir lagunya bisa menjadi hit, ia mengatakan, "Selama Anda adalah seorang artis yang menandatangani kontrak dengan perusahaan rekaman besar atau manajemen, tidak bijaksana untuk membuat musik dengan mengabaikan apakah itu akan menjadi hit atau tidak. Padahal, ini berbeda untuk setiap rilis, pikiran itu selalu ada. Saya suka lagu-lagu pop untuk memulai. Untuk membuat hit, saya bekerja dengan tim saya dan membuka jalan agar itu bisa didengar. Mereka adalah bagian dari karir musik saya."

Lalu, apa makna hit bagi Kenshi Yonezu sendiri?, ia mengatakan, "Saya pikir itu adalah fenomena yang lahir ketika vibe era itu dan waktu selaras dengan sempurna. Meskipun 'Lemon' menjadi hit, saya merasa itu hanya kebetulan dari berbagai faktor yang datang bersamaan, dan perasaan itu tumbuh setiap hari setelah dirilis."

Saat ditanya untuk siapa dia akan menyampaikan musiknya di masa yang akan datang, ia menjawab, "Seperti biasa, orang-orang yang telah mendukung musik saya, tentu saja. Tetapi juga kepada mereka yang belum memiliki kesempatan untuk menemukannya. Saya ingin musik saya terbuka untuk semua orang."

Saat "Lemon" memuncaki chart Billboard Japan akhir tahun 2018, ia pun sempat diwawancara Billboard tentang apa yang menjadi fokusnya untuk bisa membuat lagu yang universal, karena ia pernah mengatakan sebelumnya bahwa ia mencoba membuat lagu-lagu yang memiliki keuniverasalan.

"Saya mencoba untuk mendengarkan apa yang orang katakan dan untuk tidak meremehkan hal-hal yang ada di pihak lawan," katanya. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com