Kamis , 13 Agustus 2020

Hati-hati, Ini Penyebab Septic Tank Bisa Meledak

06 November 2019 09:19 WIB


Ilustrasi. (pixabay)


JAKARTA, solotrust.com – Sebuah septic tank di Kapling Blok O, Kelurahan Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur meledak Senin (4/11/2019). Akibat ledakan tersebut satu orang yang merupakan sopir mobil penyedot tinja berinisial S (44) tewas akibat terkena ledakan.



Baca: Septic Tank Mbledos Mengakibatkan Satu Orang Meregang Nyawa

Lantas mengapa saptic tank dapat meledak? Melansir dari CNN, Rabu (6/11), Peneliti Loka Penelitian Teknologi Bersih (LPTB) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Neni Sintawardani menjelaskan bahwa saptic tank dapat meledak karena akumulasi gas metana yang terperangkap di dalamnya. Maka menurutnya tak mengherankan gas metana di dalam septic tank akan menimbulkan ledakan seperti bom, jika tersulut api dan tercampur dengan udara.

"Secara logika sains, di dalam septic tank itu ada gas metana yang mudah terbakar dan dibakar.“ jelasnya.

Sebelunya diketahui kejadian berawal saat korban S datang ke lokasi untuk menyedot tinja di rumah milik Agus Sholeh sekitar pukul 11.00 WIB. Setelah penyedotan selesai, ia meyakinkan Agus bahwa penyedotan sudah selesai dengan membakar koran dan memasukkannya ke dalam septis tank.

Agus pun yakin kalau proses penyedotan telah usai dan beranjak untuk mengambil uang untuk membayar jasa S. Tanpa diduga, tiba-tiba septic tank tersebut meledak dengan suara yang cukup kencang. Korban S terjatuh ke dalam septic tank dan tewas dengan kondisi wajah terbakar.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com