Hard News

Kuota CPNS Jateng 1.409, Ganjar Nilai Jumlah Itu Sangat Kurang

Sosial dan Politik

2 November 2019 15:47 WIB

Ganjar Pranowo (Dok. Humas Jateng)

Solotrust.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengeluarkan jatah kuota calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk Provinsi Jawa Tengah sebanyak 1.409 formasi.

 Baca: Rekruitmen CPNS Tahun Ini Segera Dibuka, Catat Syarat-Syaratnya



Akan tetapi, sebagaimana dikabarkan Humas Jateng via laman resminya (31/10/2019), kuota tersebut menurut Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sangat kurang. Mengingat yang diajukan untuk Jateng sebanyak puluhan ribu.

"Ada tiga formasi yang paling dibutuhkan di Jateng, yakni guru, tenaga kesehatan, dan penyuluh. Untuk tenaga guru, di level sekolah dasar yang paling banyak dibutuhkan. Dari kuota yang disediakan masih kurang jauh dari usulan kami. Kami pun tidak bisa merengek untuk menambah kuota," katanya, Kamis (31/10).

Baca: Rekruitmen CPNS Tahun Ini Ada 63.324 Formasi Guru

Ganjar mengakui, hampir setiap malam ia menandatangani SK pensiun yang didominasi para guru SD. Untuk tenaga kesehatan yang menjadi prioritas dan dibutuhkan Jateng, yakni dokter dan bidan. Sedangkan honorer K2, Ganjar berharap ada ruang yang lebih leluasa.

Baca: Pemerintah Akan Buka Formasi CPNS Umum dan Khusus

Ganjar pun berharap, bisa duduk bersama Menteri Pemberdayaan Aratur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, dan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, untuk membahas kekurangan pegawai di Jateng. Dia yakin, para menteri bisa memberi solusi terkait kekurangan pegawai di Jateng. (Lin)

(wd)