Sabtu , 23 November 2019

Gelar Pelatihan Vokasi, BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Solo Techno Park

2 November 2019 17:30 WIB


BPJS Ketenagakerjaan.

SOLO, solotrust.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Cabang Surakarta/Solo telah menyiapkan program pelatihan guna turut mengurangi angka pengangguran. Kali ini, BPJS Ketenagakerjaan bekerjasama dengan Solo Techno Park menggelar pelatihan vokasional kepada para peserta BPJAMSOSTEK yang saat ini sedang tidak bekerja.

Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Surakarta, Rudy Yunarto, menyampaikan pelatihan vokasional oleh BPJAMSOSTEK  merupakan salah satu pelatihan piloting. BPJAMSOSTEK Surakarta menjadi salah satu cabang yang mengadakan piloting pelatihan. Di Jawa Tengah, Cabang Semarang juga mengadakan pelatihan yang sama.



"Nantinya pelatihan vokasional ini akan diselenggarakan di seluruh kota di Indonesia. Selanjutnya akan menjadi salah satu program yang dikelola oleh BPJAMSOSTEK. Dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan dari orang yang sedang tidak bekerja dan memudahkan yang bersangkutan untuk dapat segera bekerja kembali," terangnya, Kamis (31/10/2019).

Terdapat empat macam pelatihan yang dilaksanakan di Solo Techno Park di tahapan piloting ini. Pelatihan meliputi Pelatihan Mekanik Manufaktur, Pelatihan Desain Manufaktur, Pelatihan Pengelasan Manufaktur dan Pelatihan Mekanik Mesin Garmen. Para peserta yang berpartisipasi akan mendapat fasilitas berupa sertifikat, seragam dan uang saku.

Adapun persyaratan peserta pelatihan, antara lain WNI, pernah terdafar menjadi peserta sektor penerima upah, mengalami PHK, minimal masa iuran adalah 12 bulan dengan upah minimal UMK, usia maksimal 40 tahun, masa berhenti paling singkat satu bulan dan paling lama 24 bulan, tidak terdaftar sebagai peserta aktif, dan bersedia mengikuti ketentuan pelatihan vokasi BPJAMSOSTEK.

"Peserta tidak dipungut biaya apapun untuk pelatihan ini, alias gratis. Bahkan, peserta akan mendapatkan uang saku dari BPJAMSOSTEK," pungkasnya. (Rum)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com