Sabtu , 23 November 2019

Tips Cara Membiasakan Anak Dengan Pekerjaan Rumah

29 Oktober 2019 10:48 WIB


Ilustrasi. (dok. net)


JAKARTA - Anak-anak boleh diajarkan untuk membantu beberapa pekerjaan rumah harian dan itu sangat baik buat perkembangan mereka. Ajarkan anak melakukan berbagai tugas rumahan, mulai dari mencuci piring sampai membereskan meja. Semua itu akan memberi mereka pelajaran dan tanggung jawab mengenai kebersihan dan kerapian.



Pakar parenting Naomi Richards membagikan tips kepada Hello. Pembagian tugas untuk anak bisa dimulai setelah mereka berumur 3 tahun dengan tugas-tugas yang disesuaikan dengan usia. Berikut tugas apa saja yang bisa dilakukan buah hati dan pada usia berapa.

3-6 tahun

Tugas: Membereskan mainan, baju, dan sepatu setelah dipakai. “Mereka akan belajar soal kerapihan. Mereka belajar sesuatu harus berada pada tempatnya sehingga mudah ditemukan lagi. Tugas ini juga memperkenalkan mereka cara membantu orang lain dan menjaga barang-barang milik mereka,” jelas Richards.

6-9 tahun

Tugas: Merapikan tempat tidur, membereskan baju, merapikan meja, menyiapkan tas sekolah, menyiram tanaman. Tugas ini akan mengajarkan anak lebih mandiri dan tidak bergantung pada orang lain untuk melakukan hal-hal yang mereka bisa lakukan. Pada usia ini anak-anak mulai belajar kerja sama antar anggota keluarga.

9-12 tahun

Tugas: Mencuci piring, membantu membuat daftar belanja, membantu menyiapkan makan malam. “Tugas-tugas ini sudah makin berat seiring dengan kemampuan mereka untuk melakukan lebih banyak hal dan tanggung jawab yang semakin besar,” kata Richards.

Menurutnya, pada usia ini anak-anak juga boleh diminta membantu memasak dan mereka akan belajar mengupas, memotong, mengiris, dan membuat campuran bahan makanan. Selain itu memasak bareng anak adalah hal yang menyenangkan. #teras.id

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com