Sabtu , 23 November 2019

Tiba-tiba Muncul Keinginan untuk Menjatuhkan Diri Dari Ketinggian? Ini Penyebabnya

28 Oktober 2019 15:32 WIB


Ilustrasi.

Solotrust.com- Ketika kita berada di ketinggian, terkadang ada perasaan dalam diri yang mendorong kita seolah – olah ingin terjun ke bawah. Dorongan spontan itu muncul dari dalam diri dengan begitu saja tanpa kita ketahui mengapa bisa muncul keinginan tersebut. Padahal kita takut akan ketinggian, namun perasaan itu seakan – akan mengajak kita untuk bisa ‘terbang’ ke bawah. Kita seperti ditantang untuk melakukan hal yang sebenarnya tidak terpikirkan oleh kita atau memang sama sekali tidak terlintas dalam pikiran.

Hal itu dinamakan L’apple du vide atau dalam istilah Bahasa Inggris dinamakan Call of void yang mengacu kepada keinginan spontan dari ketinggian. Dalam ranah psikologi, keadaan itu dikenal juga dengan gejala High Place Phenomenin (HPP). Disarikan dari berbagai sumber, pada tahun 2012 dilakukan sebuah penelitian oleh seorang peneliti dari Florida State University yang mengungkapkan bahwa HPP terjadi karena missinetrpretasi insting untuk bertahan hidup.



Seorang autor penelitian, Thomas E. Joiner pernah mengatakan tentang hal tersebut. “Fenomena ini bisa terjadi bahkan pada manusia yang tidak mempunyai riwayat depresi dan insting bunuh diri.” ujarnya menganalisa.

HPP bisa terjadi dan muncul dikarenakan tingkat kecemasan yang tinggi sebagai penyebabnya. Tingkat kecemasan yang tinggi tersebut memicu kekacauan untuk mengurai sinyal insting menghindari bahaya dalam tubuh. Sehingga tidak mengherankan ketika berada di sebuah ketinggian, karena begitu cemasnya diri akan ketinggian tersebut, maka sirkulasi di dalam tubuh akan menjadi kacau sehingga timbullah niat tiba - tiba untuk menjatuhkan diri  ke bawah atau melakukan hal – hal yang di luar kendali diri.

Namun gejala HPP ini juga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut apabila dikaitkan atau dikomparasikan dengan kearifan lokal Indonesia, dimana kekuatan mitos seperti cerita bisikan – bisikan gaib masih dipercaya dan dipegang kuat masyarakat. Seperti halnya ketika berada di ketinggian tiba – tiba ada keinginan untuk menjatuhkan diri, apakah hal itu terkait bisikan gaib ataukah karena memang muncul gejala HPP dari dalam diri.

Meskipun demikian, kita wajib waspada apabila berada di ketinggian dan tiba – tiba muncul keinginan untuk menjatuhkan diri dari ketinggian tersebut. Sebab seperti yang diungkapkan oleh Simon Freud bahwa disadari atau tidak disadari keinginan untuk death wish dalam diri manusia itu ada. Sehingga sangat penting untuk mengolah kecemasan yang timbul dari dalam diri secara tiba – tiba. (dd)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com