Rabu , 22 Januari 2020

Kelelahan Bisa Membuat Badan Gemuk?

26 Oktober 2019 11:21 WIB


Ilustrasi. (shutterstock.com)


JAKARTA - Makanan dan minuman yang mengandung gula sering dianggap sebagai “suplemen” untuk membantu tubuh tetap terjaga, ketika kita sedang sangat kelelahan. Hal ini membuat kebanyakan orang kerap mengkonsumsi makanan berkadar gula tinggi ketika sedang bekerja lembur atau harus begadang. Kebiasaan ini akan berdampak pada kenaikan berat badan secara drastis dan obesitas.



Berdasarkan hasil penelitian para ahli dari Stanford’s WellMD Center California, kecenderungan mengkonsumsi makanan dan minuman tinggi gula saat tubuh kelelahan muncul karena terganggunya fungsi otak.

“Gangguan fungsi otak ini tak hanya mendorong tubuh mengidam gula, tapi juga makanan apa pun yang tinggi lemak, lemak jenuh, atau natrium,” kata ilmuwan nutrisi yang terlibat dalam penelitian ini, Maryam Hamidi, seperti dikutip dari Medical News Today, Senin lalu.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Lifestyle Medicine pada awal Oktober lalu itu menyebutkan bahwa kecenderungan tersebut mungkin hanya terjadi sesekali pada kebanyakan orang.

“Namun, bagi orang-orang yang pekerjaannya melibatkan kelelahan yang panjang, makan camilan yang tidak sehat dapat dengan cepat menjadi kebiasaan,” ujar Maryam.

Salah satu profesi yang rentan mengalami hal ini, kata Maryam, adalah dokter. Biasanya, mereka bekerja dalam waktu lama dengan sedikit istirahat sehingga memerlukan makanan yang cepat dan mudah diperoleh. “Sering kali makanan ini ternyata tidak sehat.” Para pekerja kantoran yang kerap lembur hingga di atas pukul 19.00 juga punya kecenderungan yang sama.

Sebagai peneliti, Maryam mengaku mengalami sendiri hasil temuannya itu. Dalam beberapa penelitian sebelumnya, dia kerap harus terjaga sejak pukul 08.00 hingga pukul 05.00 keesokan harinya dan hal ini terjadi berulang kali. Menurut dia, keinginan untuk makan camilan atau keripik biasanya muncul sekitar pukul 18.00 atau 19.00.

"Ada semakin banyak sisa kantong keripik kentang di ruangan saya," kata dia.

"Padahal dulu saya tak pernah menyukai makanan semacam itu.” Bukan hanya makanan, Maryam juga mulai kecanduan minuman bersoda. #teras.id

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com