Minggu , 17 November 2019

BPJS Kesehatan Surakarta Bakal Bagikan KIS Secara Maraton Sebanyak 43.483 Hingga Akhir Bulan

25 Oktober 2019 10:00 WIB


Kepala Kabupaten Wonogiri BPJS Kesehatan Cabang Surakarta, Hariyatni saat menyerahkan KIS kepada warga, di Kantor Kecamatan Paranggupito, Kamis (24/10/2019).


WONOGIRI, solotrust.com – BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan Cabang Surakarta bakal secara maraton membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri.



Hal itu diungkapkan Kepala Kabupaten Wonogiri BPJS Kesehatan Cabang Surakarta, Hariyatni di sela-sela sebanyak 873 Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada 595 kepala keluarga masyarakat Kecamatan Paranggupito, di Kantor Kecamatan Paranggupito, Kamis (24/10/2019)

“KIS yang akan dibagikan berjumlah 43.483 keping, kami bekerja sama dengan Pemkab Wonogiri, dan target kita sampai akhir bulan Oktober 2019.” ujar dia dalam acara yang turut dihadiri oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo, perwakilan Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri, perwakilan fasilitas kesehatan dan pejabat daerah lainnya.

Selain pembagian KIS, BPJS juga memberikan sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang bertujuan agar seluruh peserta JKN-KIS memahami manfaat, hak, kewajiban, pelayanan kesehatan dan seluruh informasi terkait Program JKN-KIS.

“Kami ingatkan untuk melakukan pengecekan identitas dari nama, alamat, Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tercantum di KIS, apabila terjadi ketidaksesuaian untuk segera melaporkan ke kantor BPJS Kesehatan terdekat,” ujarnya

Di samping itu, sejauh ini proses pencetakan dan pembagian KIS di Kabupaten Wonogiri terlaksana dengan baik dan lancar. Ia menyampaikan, ada yang berbeda dari pembagian KIS kali ini dibandingkan dengan pembagian KIS sebelumnya,

“Dulu pembagian KIS dilaksanakan oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), tetapi untuk saat ini, langsung didampingi Bupati Wonogiri dan pemangku kepentingan lainnya. Harapannya masyarakat mengetahui betapa pemerintah mempunyai perhatian lebih terhadap kesejahteraan masyarakat terutama jaminan kesehatannya,” bebernya.

Untuk diketahui, capaian kepesertaan per 01 Oktober 2019 di Kabupaten Wonogiri kini mencapai 66,90 persen artinya sebanyak 726.683 jiwa telah tedaftar ke dalam Program JKN-KIS dari 1.086.197 jiwa total penduduk Kabupaten Wonogiri. Dan di Kabupaten Wonogiri terdapat 69 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdiri dari 34 Puskesmas, 10 Klinik Pratama, 19 Dokter Umum Praktik Perorangan dan 6 Dokter Gigi. (adr)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com