Serba serbi

Wow.. Fitur Baru Google Maps Bisa Melaporkan Kecelakaan Juga

Teknologi

22 Oktober 2019 14:49 WIB

Ilustrasi.

JAKARTA – Ada fitur-fitur baru yang menarik di dalam Google Maps. Dimana fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk melaporkan kecelakaan, speed trap, dan perlambatan lalu lintas pada perangkat iOS, setelah sebelumnya memperkenalkan fitur seperti itu untuk perangkat Android.

Waze, aplikasi navigasi lain yang juga dimiliki oleh Google, telah menawarkan fitur-fitur ini selama beberapa tahun lalu dan siapa pun yang telah menggunakannya mengetahui betapa bergunanya fitur tersebut, terutama untuk menemukan rute alternatif jika terjadi kecelakaan.



Mereka yang menggunakan Google Maps mulai sekarang hanya perlu mengetuk tombol plus selama navigasi untuk membuat laporan. Kategori termasuk kecelakaan, speed trap, perlambatan, pembangunan, penutupan jalur, dan kendaraan yang mogok.

Di masa lalu, pihak berwenang telah menyatakan pelarangan karena pengemudi dapat melaporkan speed trap melalui laporan Waze, Inc, seperti pada bulan Februari Departemen Kepolisian New York (NYPD) menuntut Google untuk menghapus fitur dari aplikasi.

"NYPD telah menyadari bahwa aplikasi Waze Mobile ... saat ini mengizinkan masyarakat untuk melaporkan DWI checkpoints. Oleh karena itu, kami menuntut Google LLC, setelah menerima surat ini, segera menghapus fungsi ini dari aplikasi Waze," tulis departemen itu.

Ketika fungsi speed trap mulai masuk pada perangkat Android awal tahun ini yang hanya tersedia di kota-kota tertentu, tetapi tampaknya tak terhindarkan bahwa, dengan pembaruan ini akan menjadi lebih luas. #teras.id

(wd)