Pend & Budaya

Dapat Juara, Tim Bengawan UV UNS Dapat Beasiswa

Pend & Budaya

18 Oktober 2019 21:57 WIB

Tim Bengawan UV UNS menerima beasiswa dari Bank Syariah Mandiri, di Auditorium G.P.H Haryo Mataram UNS, Kamis (17/10/2019)


SOLO, solotrust.com - Bank Syariah Mandiri (BSM) memberikan beasiswa kepada Tim Bengawan Unmanned Vehicle (UV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang memperoleh juara di ajang Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2019 senilai total Rp 15 juta.



Dalam ajang KKCTBN yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Malang pada 10 - 13 Oktober 2019, Tim Bengawan UV UNS terjun dalam 3 kategori yang diperlombakan, yaitu Autonomous Surface Vehicle (ASV), Electric Remote control (ERC) dan Fuel Engine Remote control (FERC).

“Untuk besaran beasiswa yaitu Rp 7,5 juta untuk juara 3 dalam kategori ERC (Electric Remote control) dan Rp 7,5 juta untuk penghargaan sebagai tim dengan predikat Best Spirit untuk kategori ASV Autonomous Surface Vehicle),” ujar Area Manager Bank Syariah Mandiri Solo, Leo Agus Sandi kepada wartawan di sela-sela acara penyerahan Beasiswa di Auditorium G.P.H Haryo Mataram UNS, Kamis (17/10/2019).

Bagi Leo, mahasiswa adalah bibit Sumber Daya Manusia (SDM) yang harus dipersiapkan sejak dini sehingga prestasi, karya mereka harus diapresiasi dan melecut semangat mereka agar tidak kendor.

“Kami berharap teman-teman berprestasi ini bisa mengisi lembaga pemerintah dan swasta. Siapa tahu nanti bisa bekerja di BSM. Karena mau tidak mau, kita yang ada di sini akan tua dan pensiun sehingga harus diisi dengan mahasiswa-mahasiswa generasi penerus bangsa. Banyak alumni UNS yang bergabung di BSM,” katanya.

Salah satu Tim Bengawan UV UNS, Agatha Winda menjelaskan, bahwa KKCTBN 2019 adalah ajang perlombaan prototype kapal tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

 “Saya sangat bersyukur atas prestasi tim,” kata Aagatha

Sementara itu, Rektor UNS, Prof.Dr.Jamal Wiwoho berharap, prestasi yang diraih oleh Tim Bengawan UV UNS di ajang KKCTBN 2019 dapat menular ke mahasiswa lainnya supaya mengharumkan nama UNS baik di kancah nasional maupun internasional.

 

“Semoga prestasi Tim Bengawan UV ini bisa memotivasi mahasiswa lainnya,” ujar Prof. Jamal. (adr)

(wd)