Jumat , 6 Desember 2019

Jelang Pelantikan Presiden, Gereja di Solo Tingkatkan Kewaspadaan Saat Gelar Misa

18 Oktober 2019 11:29 WIB


Petugas Polsek Jebres Surakarta saat melakukan pengamanan di Gereja Katolik SP Maria Regina Purbowardayan, Minggu (13/5/2018) petang. (Dok. solotrust.com)

SOLO, solotrust.com – Jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Kyai Ma’ruf Amin pada Minggu 20 Oktober 2019 mendatang, Gereja Santo Antonius Purbayan mempersiapkan pengamanan ekstra untuk umat dari ibadah pekan-pekan biasanya.

Hal itu diungkapkan Pastor Paroki Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan, Romo Stafanus Bagus Aris Rudiyanto S.J saat dijumpai solotrust.com, di gereja setempat Jalan Arifin Nomor 1 samping Balai Kota Surakarta, Jumat (18/10/2019). Pihaknya mengaku sudah koordinasi dengan aparat keamanan Kota Solo untuk skema pengamanan.



“Pelantikan besok kan pas akhir pekan, masa-masa ibadah, kemarin juga muncul isu Solo jadi target bom bunuh diri, meski tidak diketahui pasti sasarannya apa dan sejumlah terduga sudah diamankan tapi tidak ada salahnya kewaspadaan harus ditingkatkan, kami sudah minta pengamanan ke Polresta Surakarta, Denpom IV/4 Surakarta yang ada di sebelah gereja untuk membantu pengamanan di pintu-pintu masuk gereja nantinya, kemarin kita sudah kumpul bersama sih untuk menyiapkan itu,” kata Romo Bagus.

Pengamanan akan diberlakukan seperti halnya saat hari besar umat Katolik, rencananya di pintu-pintu masuk akan ada pemeriksaan barang bawaan umat, hal ini semata-mata untuk menjamin kenyamanan dan keamanan umat yang beribadah.

“Iya nanti rencananya akan ada pemeriksaan seperti itu sebelum masuk gereja, kalau untuk posko semacam itu kita belum tahu, tapi kita siapkan pos satpam jaga itu, kewaspadaan harus ditingkatkan, yang jelas untuk pengamanan kami percayakan kepadayang berwajib ya memang hikmahnya ada juga gejolak seperti ini, kita semua jadi lebih waspada, daripada aman-aman saja tiba-tiba ada hal yang tidak diinginkan terjadi, penjagaannya kami minta utamanya pagi sampai petang, kalau 24 jam kami sudah ada satpam,” ucapnya.

Romo Bagus berharap, tidak ada gejolak pada saat pelantikan Presiden dan Wapres Terpilih Jokowi – Ma’ruf Amin hari Minggu nanti, semua berjalan dengan aman dan terkendali.

“Yang penting siap-siap gitu aja artinya menyiapkan segalanya lebih teliti, harapannya pelantikan lancar tidak ada yang anarkis, semua sudah lebih menyiapkan diri,” tutupnya. (adr)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com