Hard News

119 Butir Peluru Aktif Ditemukan di Saluran Air Yogyakarta

Hukum dan Kriminal

17 Oktober 2019 16:03 WIB

Ilustrasi. (pixabay)

YOGYAKARTA- Seorang pekerja perbaikan saluran air di Jalan Pasar Waru Ngadiwinatan Yogyakarta menemukan 119 peluru aktif pada Kamis (17/10/2019) sekitar pukul 09.00 WIB. Penemuan peluru tersebut kontan membuat pekerja yang diketahui bernama Sujono tersebut kaget dan membuat pekerjaannya membersihkan material sisa bongkaran saluran harus terhenti.

 “Awalnya saya mau membersihkan sisa material, tapi begitu sampai batas antara saluran terbuka dan gorong-gorong, kok lihat seperti peluru. Saya kira sudah kosong tapi tak pegang kok berat, lha ini aktif. Saya langsung taruh lagi dan lapor warga,” ungkapnya.  



Saluran air hujan yang sedang direnovasi menurut Sujono sudah terbuka sejak sekitar 2 minggu silam. Ia dan pekerja lain tak tahu siapa yang membuang peluru-peluru tersebut.

“Kita semalam lembur sampai jam 22.00 tapi memang di bagian utara, ya tidak tahu kok bisa ada peluru di situ. Tapi saluran air ini sudah terbuka sejak dua minggu ini, kami kerja dua minggu ini,” sambung dia.

Kapolsek Ngampilan AKP Hendro Wahyono mengatakan, setelah dilakukan pendalaman peluru-peluru tersebut diduga dari jenis FN dengan kaliber 9 milimeter. Polisi menurut dia masih terus berupaya mengumpulkan bukti untuk mencari siapa yang dengan sengaja membuang di gorong-gorong tersebut.

“FN ini senjata punya otoritas dari saudara kita (TNI), kalau Polisi hanya revolver saja. Tapi yang membuang ini kami belum tahu siapa. Pelacakan terus kita lakukan untuk mencari siapa yang membuang,” ungkapnya.  

Polisi juga berupaya mencari tahu siapa pelaku pembuang peluru tersebut melalui CCTV, namun kasulitan karena di sekitar lokasi tidka ada CCTV.

“Kami coba cari CCTV di sekitar TKP tapi memang kesulitan tak ditemukan adanya CCTV sampai saat ini. Kita terus upayakan agar tahu siapa yang membuang ini. Dibuangnya sekitar tengah malam hingga pagi tadi karena pekerja selesai kerja pukul 22.00 dan mulai lagi kerja pagi tadi pukul 08.00 WIB,” tandas dia.

Polisi menunggu tim identifikasi untuk mengetahui secara detail peluru-peluru tersebut termasuk jenis. #teras.id

(wd)