Rabu , 20 November 2019

Alumni SMAN 3 Solo dan SMAN 7 Jakarta Baksos Kesehatan Sasar 1000an Warga

16 Oktober 2019 23:34 WIB


Alumni SMAN 3 Roemah Tiga, di Lounge Roemah Tiga SMAN 3 Kerkoff, Purwodiningratan, Jebres, Solo, Selasa (15/10/2019).


SOLO, solotrust.com - Alumni Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Surakarta yang tergabung dalam Roemah Tiga bakal menyelenggarakan kegiatan bakti sosial kesehatan Satukan Hati di SMAN 3 Kerkoff, Purwodiningratan, Jebres, Solo, Sabtu (26/10/2019) mendatang. Seribuan masyarakat sekitar menerima manfaat langsung.



Ketua Umum Roemah Tiga, Monica Subiakto mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud kepedulian dan perhatian Roemah Tiga dengan partisipasi langsung mengabdi untuk meningkatkan derajad kesehatan masyarakat sekitar. Roemah Tiga turut mengundang Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo untuk berkenan hadir dalam acara sosial ini.

“Ini bakti sosial kami yang ke-13, selain di sekolah kami kerap menggelar di Benteng Vastenburg. Kegiatan besok sasarannya ada 1.000 pasien meliputi 7 Kelurahan yaitu Purwodiningratan, Jagalan, Gandekan, Sudiroprajan, Pucangsawit, Kampung Sewu dan Sangkrah. Baksos ini kami haturkan untuk guru dan staff SMAN 3, keluarga alumni SMAN 3, komunitas mbok gendong Pasar Gede beserta sopir becak dan masyarakat umum,” kata Monica kepada solotrust di Lounge Roemah, Selasa (15/10/2019)

Monica menyampaikan, bentuk kegiatan yang diadakan meliputi pemeriksaan laboratorium sederhana, IVA test deteksi dini kanker serviks, pengobatan umum, bantuan kaca mata baca, donor darah, pemberian bingkisan sembako Selain itu adapula edukasi penyuluhan siswa siswa SMA N 3 oleh tiga dokter perihal bahaya narkotika, pernikahan dini, dan industri 4.0. Tidak sendiri, kali ini Roemah Tiga berkolaborasi dengan Sevenist Club wadah Alumni SMAN 7 Jakarta serta didukung Pemkot Surakarta.

Kolaborasi dengan Sevenist Club ini adalah wujud komitmen Roemah Tiga menjalankan salah satu visi dan misi dengan menghimpun potensi dan pemikiran alumni serta berperan aktif dalam berkarya dan mengabdi kepada bangsa dan negara.

“Dengan menyasar masyarakat dengan masalah kesehatan ISPA, Gastroenteritis, hipertensi, dan diabetes secara umum. Kami melibatkan 30 dokter, apoteker ada 12, 10 asisten apoteker, 2 dosen dan 10 mahasiswa Akper Panti Kosala. Kemudian, total dari kepanitiaan acara 250 orang, 100 alumni SMAN 7 Jakarta, 150 dari Roemah Tiga. Jadi kami sudah ada tim yang melakukan pemetaan di tingkat masyarakat, koordinasi dengan kelurahan hingga RT kepada warga yang membutuhkan pemeriksaan dan pengobatan gratis ini, nanti mereka kami beri kupon jadi teknis juga dijamin aman dan nyaman,” paparnya

Setalah diresmikan pada 3 Agustus 2019 lalu oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo, Roemah Tiga semakin gencar mengadakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi khalayak luas dan almamater. Ketua Pelaksana Roemah Tiga Hary Suswanto menambahkan, anggaran bakti sosial berasal dari kas organisasi, beberapa donatur serta korporat yang memberikan sponsor sebagai partner.

“Kita rubah sekolah ini menjadi fasilitas kesehatan, para dokter yang terlibat nanti juga dokter alumni SMAN 3. Ada beberapa dokter spesialis, seperti obgin, paru, penyakit dalam, bahkan super spesialis seperti halnya endokrin yang merupakan spesialis yang membawahi seperti diabetes, hormon dan tiroid, pengobatan umum semua terkaver,” bebernya.

Pihaknya berharap melalui kegiatan ini Roemah Tiga dapat memajukan dan mendekatkan diri kepada masyarakat khususnya memudahkan masyarakat mendapatkan pengobatan yang komplit, gratis dan dalam waktu tidak terlalu lama.

“Di samping itu, kami ingin menggali potensi adik-adik yang belum lulus, memberikan inspirasi kepada mereka untuk lebih memacu semangat khususnya untuk terjun dalam bidang medis,” tuturnya.

Guru Bimbingan Konseling SMA N 3, Sulastriningsih mendukung penuh kegiatan yang diselenggarakan para alumni karena kegiatan ini positif sehingga memberikan manfaat langsung bagi siswa-siswi SMA N 3 dan masyarakat sekitar.

“Kami sangat support kegiatan alumni ini sangat luar biasa, supportnya untuk sekolah, murid-murid bisa merasakan acara ini secara langsung, masyarakat maupun keluarga siswa yang kurang mampu secara ekonomi kurang beruntung ikut disejahterakan dari sisi kesehatan, diundang untuk periksa kesehatan pada saat baksos ini, bagaimanapun kesehatan itu penting sekali untuk kehidupan masyarakat, pengorbanan perjuangan para alumni ini kami sangat berterima kasih, mudah-mudahan bisa lanjut terus untuk Roemah Tiga dan keluarga besar SMAN 3,” pungkasnya. (adr)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com