Minggu , 17 November 2019

Turnamen Pencak Silat Tingkat Eropa Digelar di Belanda, 25 Perguruan Berlaga

15 Oktober 2019 04:02 WIB


Turnamen pencak silat tingkat Eropa digelar di Belanda (Dok. Kementerian Luar Negeri RI).


Solotrust.com - Turnamen pencak silat tingkat Eropa digelar di Belanda. Dilansir dari laman Kementerian Luar Negeri, Senin (14/10/2019), bertajuk ​“Pencak Silat European Open 2019", turnamen ini berlangsung di Sportcampus Zuiderpark, Den Haag pada 12-13 Oktober 2019.



Turnamen diikuti oleh 25 perguruan silat Eropa yang berasal dari berbagai negara antara lain Belanda, Belgia, Prancis, Jerman, Inggris, Rusia, Swiss, Italia, Azerbaijan, dan Turki.

Turnamen dibagi menjadi beberapa kategori yaitu kategori tanding dan seni (tunggal, ganda, dan regu).

Acara ini terselenggara atas kerjasama KBRI Den Haag dengan Federasi Pencak Silat Belanda Nederlandse Pencak Silat Federatie (NPSF).

"Melihat semangat dan demam pencak silat di Eropa melalui turnamen ini, kami optimis pencak silat akan semakin digemari dan semakin mendunia ke depan. Usaha membawa pencak silat ke Olimpiade tentunya diharapkan akan didukung oleh banyak negara," kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja dalam pembukaan turnamen.

Olivier Blancquaert selaku Presiden Federasi Pencak Silat Belanda dalam sambutannya menyatakan terima kasihnya kepada KBRI Den Haag atas dukungan penyelenggaraan turnamen ini.

Rasa terima kasih juga disampaikan kepada Aidinal Alrashid selaku Presiden Pencak Silat Eropa serta kepada para peserta dan pelatih yang datang dari berbagai penjuru Eropa dan ikut menyukseskan kejuaraan ini.

Sebelum turnamen dimulai, acara diawali dengan pertunjukan silat oleh Perguruan Merpati Putih dan Perguruan Setia Hati Terate yang menampilkan jurus-jurus indah dan memukau para penonton, tari daerah, serta pembukaan gelanggang oleh Perguruan Sedulur Budi Asli.

Federasi Pencak Silat Belanda (NPSF) didirikan pada Agustus 2015 dan telah berhasil mendapatkan pengakuan secara resmi dari Federasi Pencak Silat Eropa (EPSF) yang berbasis di London, Inggris, dan dari Persekutuan Pencak Silat Antar Bangsa (PERSILAT) di Jakarta pada Mei 2016.

Pada tahun 2018, berkat kerja keras dari NPSF, negara Belanda ditetapkan sebagai Pusat Pengembangan Silat di Eropa. NPSF sendiri terdiri dari empat puluh perguruan yang tersebar di seluruh Belanda dengan anggota aktif sebanyak 500 orang. 

Sepanjang tahun 2019, turnamen Pencak Silat telah digelar di berbagai tempat, diantaranya di kota Den Haag pada bulan Februari dan di Hoofddorp pada bulan Maret. Kemudian di Belgia tepatnya di Schoten pada bulan April, seleksi TTGR pada bulan Mei di Badhoevedofr, Golok Day Festival pada bulan Juni, dan Bela Diri Festival di bulan September 2019.​ (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com