Pend & Budaya

Era Revolusi Industri 4.0, Ganjar Sebut Birokrasi Mulai Menanjak ke Arah E-Office

Pend & Budaya

12 Oktober 2019 17:03 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menjadi pembicara dalam acara Festival Perkantoran di Kampus FKIP UNS, Jumat (11/10/2019)

SOLO, solotrust.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tampil menjadi pembicara utama dalam acara Festival Perkantoran yang diselenggarakan oleh Program Studi (Prodi) Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta di Aula Gedung F Fakultas Kampus setempat, Jumat (11/10/2019).

Dalam acar bertajuk “Facing the Millennial Culture for Compelling Generation” itu Ganjar menyampaikan bahwa dengan pemanfaatan teknologi khususnya smartphone dapat menunjang pekerjaan administrasi perkantoran dengan sistem yang lebih cepat dan sederhana.



“Dengan perkembangan teknologi ini sekarang pekerjaan kita yang ada hubungannya dengan perkantoran semakin dimudahkan, perilaku masyarakat juga sudah bergeser ke teknologi,” kata Ganjar.

Festival Perkantoran ini menjadi sebagai sarana para peserta untuk menyalurkan minat dan bakatnya, mulai dari mahasiswa, siswa SMK jurusan Administrasi Perkantoran, dan masyarakat umum pada bidang administrasi perkantoran. Sekaligus, Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS juga memanfaatkan ajang ini sebagai momentum memperkenalkan diri kepada khalayak.

Kemudian Ganjar juga secara langsung mencontohkan sejumlah perubahan pola kerja yang dirinya lakukan di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah. Sang gubernur mengaku kerap memanfaatkan fitur sosial media WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter, dan e-mail untuk mengirimkan laporan atau hasil pekerjaan dengan cara kerja modern. Dengan e-office terjadi penghematan dari segi anggaran, sistem birokrasi lebih sederhana.

“Dengan teknologi, proses kerja lebih tersederhanakan, kantor menuju ke arah e-office,” ucapnya. (adr)

(wd)