Kamis , 23 Januari 2020

Dukung UMKM, Pusat Grosir Solo Gelar Oktober Batik Festival

11 Oktober 2019 23:54 WIB


Pembukaan Oktober Batik Festival 2019 di Pusat Grosir Solo.


SOLO, solotrust.com - Pusat Grosir Solo mendukung perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Solo Raya khususnya dan Jawa Tengah umumnya melalui berbagai program kegiatan. Masih dalam nuansa Hari Batik Nasional yang diperingati pada 2 Oktober, Pusat Grosir Solo menggelar Oktober Batik Festival 2019 bekerjasama dengan PT. Pegadaian, Angkasa Pura Support, BNI46, LinkAja dan KBRU.



Sales & Marketing Manager Pusat Grosir Solo, Victoria Ivory Gracias mengatakan, Pusat Grosir Solo bersama Pegadaian, Angkasa Pura Support, BNI46, LinkAja dan KBRU menyelenggarakan Bazaar UMKM dengan tema Oktober Batik Festival selama satu bulan penuh dari tanggal 10 Oktober hingga 10 November 2019. Bazaar ini menghadirkan lebih dari 50 UMKM fashion, aksesoris, kerajinan tangan dan oleh-oleh unggulan di Jawa Tengah.

"Bazar UMKM ini sebagai puncak perayaan Hari Batik Nasional 2019 yang sebelumnya telah diselenggarakan Pusat Grosir Solo pada tanggal 2 Oktober. Oktober Batik Festival 2019 memiliki tujuan untuk memperkenalkan kepada khalayak ramai mengenai produk-produk UMKM yang berkualitas tinggi dan sebagai sarana bagi UMKM untuk mengembangkan bisnis yang telah direncanakan," tuturnya, Kamis (10/10/2019).

Menurutnya, Pusat Grosir Solo yang berada di lokasi strategis menjadi tujuan berbelanja wisatawan, baik dalam dan luar negeri. Keunggulan tersebut dinilai mampu menunjang proses pengembangan bisnis UMKM di Jawa Tengah khususnya yang berasal dari Kota Solo untuk tumbuh dan mendapatkan ceruk pasar baru yang lebih luas. Sejalan dengan visi dan misi PGS yang ingin menjadi wadah bagi UMKM untuk mengembangkan bisnis dan memperluas jangkauan pasar.

Bazaar UMKM Pusat Grosir Solo bersama Pegadaian, Angkasa Pura Support, BNI46, LinkAja dan KBRU dikemas menarik dengan berbagai promo. Mekanismenya, pengunjung yang akan berbelanja secara non tunai (cashless) dengan membeli voucher berbelanja lebih dulu. PGS menyediakan dua voucher sebesar Rp 50.000 dan Rp 100.000. Untuk menarik minat konsumen, pihaknya mengadakan penawaran menarik yaitu diskon pembelian voucher sebesar 30%.

Ivo menjelaskan, keuntungan berbelanja di Oktober Batik Festival Pusat Grosir Solo tidak hanya ada potongan harga dan hiburan yang disediakan. Bagi pengunjung yang berbelanja minimal Rp 500.000 akan mendapatkan hadiah menarik berupa voucher berbelanja senilai Rp 50.000 hingga Rp 150.000 dan gift voucher Personal Accident Insurance dari KBRU senilai Rp 100 juta.

Pengunjung juga dapat mengabadikan momen berbelanja di PGS dengan berfoto di photobooth menarik yang bertemakan batik. Selain itu, terdapat eksibisi batik yang menampilkan alat dan bahan membatik untuk menambah suasana menarik berbelanja di PGS. Hadirnya eksibisi batik memiliki tujuan edutainment yaitu berbelanja sambil mendapatkan nilai edukasi. Kedua pengalaman tersebut akan membawa kesan yang mendalam bagi pengunjung.

Pusat Grosir Solo bersama PT. Pegadaian (Persero) saling bekerjasama dalam Bazaar UMKM Oktober Batik Festival 2019. Dalam kesempatan ini, pegadaian membuka gerai untuk menawarkan program unggulan pembiayaan khususnya bagi UMKM yang sedang tumbuh dan berkembang. Program yang ditawarkan di antaranya Rahn Tasjily, Marhun Tabungan Emas, Arrum Haji dan Pegadaian Amanah.

"Sebagai ruang yang mengakomodasi UMKM untuk memperkenalkan dan memperluas pasar penjualan produk-produk unggulan, Pusat Grosir Solo memahami bahwa permasalahan UMKM bukan hanya sekedar mencari pasar baru tetapi juga pemodalan," imbuhnya. 

Terakhir, Ivo mengharapkan keuntungan dan pengalaman menarik berbelanja di Pusat Grosir Solo akan dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Kota Solo dan meningkatkan minat masyarakat pada produk fashion, aksesoris, kerajinan tangan dan kuliner khas nusantara yang diproduksi UMKM dalam negeri khususnya yang berada Jawa Tengah.

"Begitu pula dengan UMKM, selain memperkenalkan produk dan mendapatkan pelanggan, peserta Bazaar UMKM juga dapat berkonsultasi mengenai rencana bisnis selanjutnya dengan PT. Pegadaian," pungkasnya. (Rum)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com