Senin , 21 Oktober 2019

Batik Keris Produksi Ulang Koleksi Kolaborasi Desainer Dunia

9 Oktober 2019 11:28 WIB


Batik Keris memperingati Hari Batik Nasional di Gedung Juang 45 Solo

SOLO, solotrust.com - Batik Keris, produsen batik yang berdiri sejak tahun 1947, telah menyelenggarakan suatu agenda khusus untuk memeriahkan Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober tiap tahunnya.

Pemilik Batik Keris, Lina Tjokrosaputro menjelaskan, dalam acara perayaan Hari Batik Nasional, Batik Keris mengadakan acara bertema Citra Pesona Batik pada tanggal 2 Oktober 2019 di Gedung Djoeang’45. Jl. Mayor Sunaryo no 4 Solo.



"Tema ini membawa cerita pesona budaya batik persembahan Batik Keris untuk Indonesia," tuturnya.

Adapun keistimewaan koleksi batik yang ditampilkan dalam acara tersebut tidak terlepas dari latar belakang khusus. Pada tahun 1970-an, Batik Keris telah bekerjasama dengan desainer dunia seperti Nina Ricci, Tan Giudicelli dan Jean Louis Scherrer. Dengan menggunakan kain batik cap Indonesia, yang didesain oleh desainer dunia tersebut .

Kemudian, beberapa hasil karya kolaborasi ini diproduksi kembali, untuk menjadi sebuah cerita pesona batik dari masa tahun 1970-an hingga ke masa kini. Dengan menampilkan koleksi terbaru Batik Keris seperti koleksi kebaya, koleksi dress dan juga koleksi keluarga pada perayaan hari Batik.

"Keunikan dari acara kali ini adalah kita bukan hanya melihat  dan mengenal pesona batik, akan tetapi kita juga dapat melihat  serta mengenal proses pembuatan kerajinan Nusantara hasil  dari para UMKM binaan Batik Keris seperti kerajinan kipas lukis, kerajinan menong ( boneka kayu ) dan lain – lain," paparnya.

Dalam acara tersebut juga dipamerkan koleksi foto Batik Keris dari masa ke masa, live manequin yang mengenakan beberapa koleksi pakaian Batik Keris, salah satunya koleksi yang dipergunakan pada peragaan busana di Paris tahun 1970.

Selain itu, untuk menambah semarak suasana, acara tersebut juga didukung oleh Grup Tari Adicipta Paundrakarna Production serta fashion show oleh Batik Keris Lovers. (Rum)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com