Hard News

Mapolres Boyolali Terima Kendaraan Penghalau Massa Jenis AWC

TNI / Polri

6 Oktober 2019 09:34 WIB

Kendaraan Penghalau Massa Jenis AWC milik Polres Boyolali.


BOYOLALI, solotrust.com- Mabes Polri melalui Polda Jawa Tengah (Jateng) memberikan satu unit Armored Water Cannon (AWC) terhadap Mapolres Boyolali. Serah terima kendaraan penghalau massa itu dilakukan di halaman Polres Boyolali pada Jumat (4/10/2019) siang.



Kapolres Boyolali, AKBP Kusumo Wahyu Bintoro ‎mengatakan, mendapat satu unit AWC dengan  pertimbangan, bahwa di wilayah  Boyolali terdapat berbagai objek vital, yakni bandara dan depo Pertamina. Lanjut dia, fungsi utama kendaraan taktis berkapasitas angkut 6.500 liter ini diperuntukkan untuk mengurai konsentrasi massa, dengan jarak efektif semprotan antara 50 meter hingga 70 meter.

"Kendaraan ini banyak manfaatnya, termasuk untuk pengamanan Pilkada Boyolali 2020 mendatang. Kita siap amankan jalannya Pilkada agar bisa berjalan lancar dan sukses," tegasnya kepada wartawan.

Ia mengatakan, selain fungsi represif, AWC ini juga dapat digunakan untuk tugas kemanusiaan. Diantaranya, dropping air bersih saat musim kemarau, untuk pencegahan dan pem‎adaman kebakaran, untuk menyiram tanaman juga peruntukan kepada anak-anak sekolah sebagai pengenalan atau sarana edukasi siswa.

"Jadi kendaraan ini serba guna. Misalkan, para siswa TK,SD dikenalkan oleh kendaraan ini boleh. Jadi kendaraan ini tidak hanya penghalo massa saja,"katanya.

Hadirnya kendaraan ini tentu akan dapat meningkatkan moral dan semangat petugas kepolisian dalam menjalankan fungsinya.

"Jadi mobil ini multi fungsi untuk berbagai kegiatan di Boyolali,"pungkasnya. (Jaka)

 

(wd)