Pend & Budaya

Hari Batik Nasional, Ndalem Gondosuli Batik Week Kembali Digelar

Pend & Budaya

1 Oktober 2019 11:30 WIB

Workshop Batik di Ndalem Gondosuli Laweyan.

SOLO, solotrust.com - Ndalem Gondosuli sebagai rumah galeri dan edukasi batik yang terletak di Kampung Batik Laweyan Kota Solo berupaya terus melalukan pelestarian batik. Untuk itu digelar penganugerahan pada tanggal 1 Oktober 2019 yang sebelumnya didahului dengan acara Ndalem Gondosuli Batik Week.

Ketua Panitia, M. Rudianto menjelaskan, Ndalem Gondosuli Batik Week merupakan kompetisi serta rangkaian kegiatan membatik yang melibatkan siswa tingkat TK, SD, SMP, SMA/SMK, perguruan tinggi dan umum. Kegiatan dikemas sebagai wujud kepedulian terhadap batik serta peringatan 10 tahun batik ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia tak benda dari Bangsa Indonesia.



"Kegiatan ini menjadi wadah menuangkan kreativitas dan berkompetisi bagi para peserta di tengah berkurangnya minat generasi muda terhadap kebudayaan batik. Menjadi langkah mewujudkan peran melestarikan budaya batik serta mengembangkan potensi bagi para generasi muda dalam bentuk kegiatan membatik," terangnya.

Setelah sukses di tahun 2018, di tahun ke-2 ini panitia mengemas dengan tema “The Culture for Future”. Kegiatan ini diharapkan para peserta mampu menunjukan kreativitas serta mengembangkan potensi diri dalam bidang batik, serta berperan aktif dalam pelestarian dan pengembangan kebudayaan khususnya batik.

Kegiatan diawali dengan rangkaian Pre Event membatik di CFD Solo dan mall pada tanggal 4 dan 25 Agustus, serta 1 dan 8 September 2019. Dengan kegiatan workshop & edukasi batik, batik performing art, pendaftaran lomba, serta program dari mitra sponsor. Acara utama dilaksanakan kegiatan lomba membatik sekaligus bazar dan seni pertunjukan pada 28-29 September 2019 di Ndalem Gondosuli.

Sebagai puncak acara sebagai peringatan Hari Batik Nasional, digelar malam penghargaan kepada pemenang dihadiri pimpinan daerah, sponsor, media partner, serta tokoh masyarakat pada 1 Oktober 2019 di Ndalem Gondosuli.

"Ndalem Gondosuli berkomitmen menjadi sarana edukasi dalam bidang batik yang dapat dikemas dalam pembelajaran batik, outing class, workshop, outbound,dan character building yang menyenangkang bagi siswa sekolah, corporate, maupun instansi," pungkasnya. (Rum)

(wd)