Minggu , 20 Oktober 2019

Hari Kesaktian Pancasila, Peserta Upacara Berikrar Amalkan Nilai – Nilai Luhur Pancasila

1 Oktober 2019 17:11 WIB


Tarian Garuda Wiratama dalam Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober di Halaman Balai KOta Surakarta, Selasa (1/10/2019).

SOLO, solotrust.com – Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Pemkot Surakarta menggelar upacara bendera di Halaman Balai Kota Surakarta, Selasa (1/10/2019). Dandim 0735/Surakarta Wiyata Sempana Aji bertindak selaku inspektur upacara yang diikuti peserta dari jajaran TNI/Polri OPD Pemkot Surakarta, Organisasi Masyarakat hingga pelajar.

Tari Garuda Wiratama mengawali upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober, tarian ini menggambarkan hadirnya sosok burung garuda yang menumbuhkan kekuatan dan semangat bangkitnya jiwa nasionalisme dan patriotisme masyarakat kecil untuk memerangi sebuah penindasan yang dilakukan oleh lawan, namun semangat perjuangan mereka tak padam demi NKRI tercinta.



Tema yang diusung dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini adalah “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”. Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Surakarta Budi Prasetyo membacakan ikrar untuk menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan ideologi bangsa dan negara Indonesia.

“Kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya, bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap NKRI, bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara,” ucap Budi

“Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI, maka dihadapan Tuhan YME dalam rangka memeringati Hari Kesaktian Pancasila kami membulatkan tekad untuk mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI,” pungkasnya membacakan Ikrar itu. (adr)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com