Minggu , 17 November 2019

K-Pop Jadi Salah Satu Genre Musik Terfavorit di Dunia

29 September 2019 11:02 WIB


BTS (Foto: Big Hit Entertainment)

Solotrust.com - International Federation of the Phonographic Industry (IFPI), organisasi yang mewakili industri musik rekaman di seluruh dunia telah merilis laporan "Music Listening 2019" pada 24 September 2019.

Salah satu hal yang dilaporkan adalah genre-genre musik apa saja yang paling difavoritkan pendengar global saat ini.



K-Pop menempati ranking ke-7 dari 10 genre yang dilaporkan. Berturut-turut dari peringkat 1 hingga 6 adalah Pop, Rock, Oldies, Hip Hop/Rap, Dance/Electronic, dan Indie/Alternative. Sementara itu peringkat 8 hingga 10 ditempati Metal, R&B dan Classical.

Meski IFPI menyebut K-pop sebagai genre, namun istilah ini mengacu pada berbagai musik yang keluar dari Korea Selatan.

Tahun lalu, dalam laporan "Music Consumer Insight" IFPI, K-Pop tidak masuk dalam daftar genre-genre terfavorit. Masuknya K-Pop tahun ini menjadi bukti bahwa K-Pop tengah digandrungi pendengar global.

Untuk informasi, laporan "Music Listening 2019" IFPI didasarkan pada survey online yang berlangsung dari April-Mei 2019 pada 34.000 orang dari usia 16-64 tahun dari 21 negara seperti AS, Inggris, Korea Selatan, Brazil, Afrika Selatan dan Australia.

BTS sendiri menjadi artis rekaman terlaris kedua di dunia pada 2018 versi IFPI. Laporan itu dikeluarkan Februari 2019. Peringkat pertama ditempati oleh Drake, sementara secara urut dari peringkat ke-3 sampai ke-10 ditempati oleh Ed Sheeran, Post Malone, Eminem, Queen, Imagine Dragons, Ariana Grande, Lady Gaga, dan Bruno Mars.

Dengan itu, BTS sekaligus menjadi satu-satunya artis asal Asia yang masuk dalam daftar artis rekaman terlaris 2018.

IFPI merilis peringkat tersebut berdasarkan data yang mencakup penjualan album dalam format digital, CD, dan vinyl; single baik fisik maupun unduh; dan juga jumlah streaming sepanjang tahun 2018.

"Sepuluh artis terbaik tahun ini mencerminkan daya tarik global pada musik. Dari superstar modern seperti Drake, Ed Sheeran dan Ariana Grande, munculnya genre seperti K-POP, hingga artis legendaris seperti Queen. Penggemar mengeksplorasi dan menikmati musik dari semua jenis dan dari seluruh penjuru dunia," kata Frances Moore, chief executive IFPI.

Dalam deskripsinya tentang BTS, IFPI menuliskan bahwa BTS berhasil menempati peringkat ke-2 setelah sukses dengan album "Love Yourself: Tear" yang rilis Mei 2018 dan "Love Yourself: Answer" pada Agustus 2018. 

"Sejak pembentukannya pada tahun 2013, BTS telah membentuk fanbase yang benar-benar global, yang dikenal sebagai ARMY, dan telah berperan penting dalam membawa K-POP ke panggung global," tambah IFPI.

Tak hanya itu, BTS sekaligus menjadi artis yang paling banyak menjual album di dunia pada 2018. Dua albumnya masuk dalam 10 besar album terlaris di dunia tahun tersebut, yakni "LOVE YOURSELF 結 'Answer" (2,7 juta kopi) dan "LOVE YOURSELF 轉 'Tear'" (2,3 juta kopi).

Angka tersebut melebihi penjualan album OST "The Greatest Showman" (3,5 juta kopi) yang menduduki peringkat pertama dalam daftar. BTS dengan "Tear & Answer" unggul dari album artis-artis lain dalam daftar itu, yakni Lady Gaga, Johnny Hallyday, Ed Sheeran, Queen, P!nk, Eminem, dan OST "Mamma Mia! Here We Go Again".

"Posisi chart BTS adalah bukti dari sebuah era baru dalam musik, yang sebelumnya terdapat batasan seperti genre dan bahasa sekarang tidak lagi menjadi masalah untuk penggemar musik," kata Frances Moore, chief executive dari IFPI.

"Daya tarik global BTS dan penggemarnya yang bersemangat menjadikannya sebagai tambahan yang bagus untuk sepuluh besar tahun ini," kata Moore dalam laporan.

Chart IFPI tersebut mengkombinasikan penjualan album baik fisik maupun digital, kemudian dirangking menjadi chart album terlaris pada tahun tersebut. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com