Minggu , 20 Oktober 2019

UBSI Surakarta Bangun Sinergisitas Kampus dengan Orang Tua dengan Bincang Kampus

28 September 2019 15:46 WIB


Bincang Kampus UBSI Surakarta.

SOLO, solotrust.com- Selain memberikan wawasan perkuliahan kepada mahasiswa melalui Orientasi Akademik, UBSI juga memberikan wawasan kepada Orang Tua melalui Bincang Kampus. Acara yang digelar pada Sabtu (28/9/2019) 08.00-12.00 WIB ini menghadirkan narasumber yang akan memberikan pemaparan di bidang akademik dan aplikasi Mobile UBSI, kemahasiswaan dan beasiswa, Kesempatan karir dan program magang, serta Wiramuda dan Entrepreneur Fair.

“Acara Bincang Kampus Bersama Orang Tua (BKOT) dimaksudkan untuk menjalin silaturahmi antara pihak kampus dengan orang Tua. Selain itu, pihak orang tua juga harus mengetahui sistem perkuliahan yang ada di UBSI serta peluang mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa,” ucap Muhamad Abdul Ghani selaku kepala Markom UBSI Kampus Surakarta.



Acara BKOT dikemas dengan diskusi dan talkshow antara pihak kampus dan orang tua untuk memberikan gambaran terkait perkuliahan dan karir mahasiswa kedepannya. Mengusung tema “Sinergisitas Kampus Bersama Orang Tua dalam Mendukung Lulusan yang Unggul Di Era Digital” kegiatan ini dimaksudkan untuk mampu menampung aspirasi orang tua untuk perkuliahan di kampus. Keseluruhan informasi terkait dengan sistem perkuliahan dan penunjang untuk mahasiswa akan disampaikan oleh para narasumber sesuai dengan bidangnya.

Informasi terkait akademik dan aplikasi mobile UBSI disampaikan oleh Kaprodi SIA UBSI Kampus Solo Candra Agustina.

“UBSI memberikan kemudahan untuk perkuliahan dengan materi yang uptodate. Selain itu, dukungan juga diberkan dengan dukungan BSI Center seperti Bsi Career Center (BCC), BSI Entrepreneur Center, BSI Innoation Center (BIC) dan BSI Start UP Center (BSC),” kata Candra Agustina.

UBSI akan memberikan unit bagian khusus untuk mencetak SDM yang dapat bersaing di era Digital 4.0.

“UBSI juga sebagai Green Campus, kampus bebas asap rokok dan tentu juga kampus bebas narkoba. UBSI akan memberikan sanksi tegas untuk mahasiswa yang melakukan pelanggaran,” tambah Candra Agustina.

UBSI memberikan peraturan untuk membentuk genrasi muda yang mampu berkarya tanpa terjerat narkoba. Penerapan teknologi di kampus juga diberikan melalui beberapa aplikasi untuk mendukung penggunaan aplikasi yaitu M-PMB UBSI, M-Staff, M-Students, M-Parents, dan M-Repository.

Aplikasi M-Parents menjadi aplikasi yang dapat di download untuk orang tua dan wali mahasiswa. Jadwal kuliah, hasil studi, kalender akademik, pembayaran yang sudah dilakukan, rencana studi dan informasi lain yang terkait dengan perkuliahan. Candra Agustina juga menjelaskan mengenai sarana dan prasarana yang diberikan kampus untuk mahasiswa.

Selanjutnya materi tentang kemahasiswaan dipaparkan oleh Ahmad Fauzi, dimana informasi tersebut terkait dengan Bidang kemahasiswaan, SKPI, Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), Informasi Beasiswa, dan Kegiatan penunjang untuk mahasiswa.

“UBSI memberikan kemudahan kepada mahasiswa untuk meningkatkan minat dan bakat serta berkarya melalui kemahasiswaan,” Ucap Ahmad Fauzi.

Selain aktif dalam perkuliahan, mahasiswa juga diharapkan aktif dalam kegiatan organisasi kampus. Kampus memberikan fasilitas melalui BEM dan UKM agar mahasiswa mampu meningkatkan bakat dan minat yang dimiliki. Selain itu, mahasiswa yang berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik juga diberikan apresiasi melalui pemberian beasiswa.

Sesi terakhir diisi oleh Bambang Eka Purnama terkait dengan Kesempatan karir dan program magang, serta Wiramuda dan Entrepreneur Fair. Lembaga yang disediakan oleh UBSI yaitu BCC dan BEC menjadi jembatan mahasiswa untuk berkair dan berwirausaha. Bambang Eka memberikan gambaran tentang relasi kampus dengan perusahaan untuk menunjang karir mahasiswa.

Selain BCC, untuk mahasiswa yang memiliki passion dibidang wirausaha juga terdapat BEC untuk mengembangkan sayap dalam berbisnis. Selain itu beberapa program dari BEC juga mendukung mahasiswa untuk memiliki usaha dengan moto menjadi wirausaha sebelum wisuda.

“Intinya UBSI memiliki BCC untuk mendukung karir mahasiswa dan BEC untuk mahasiswa yang ingin berwirausaha. UBSI akan mendukung secara penuh untuk mahasiswa yang memiliki minat baik untuk berkair maupun berwirausaha,” sambung Bambang Eka.

Para orang tua sangat antusias dalam mengikuti acara dengan memberikan pertanyaan kepada para narasumber. Kegiatan BKOT UBSI Kampus Surakarta diharapkan mampu memberikan pengetahuan kepada orang tua mahasiswa untuk mendapatkan informasi tentang UBSI. Selain itu, diharapkan orang tua juga mengetahui tentang aktifitas mahasiswa dalam mengikuti berbagai kegiatan kampus. UBSI akan terus menjalin sinergisitas antara orang tua dengan kampus agar mampu mencetak lulusan yang unggul di Era Digital.  

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com