Ekonomi & Bisnis

Gandeng HIPMI, Danamart Edukasi Fintech ke UKM Solo

Ekonomi & Bisnis

26 September 2019 13:02 WIB

ilustrasi

SOLO, solotrust.com - Kemajuan teknologi saat ini juga merambah bidang perekonomian dengan munculnya financial technology (fintech) atau teknologi finansial (tekfin). Agar para pengusaha tidak gagap teknologi dengan kehadiran fintech dan dapat memanfaatkan kehadiran fintech dengan maksimal, perlu terus menerus dilakukan edukasi khususnya menyasar Usaha Kecil Menengah (UKM).

Memanfaatkan kesempatan berkumpulnya para pengusaha di acara Musyawarah Cabang (Muscab) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) BPC Surakarta (Solo), Danamart menggelar edukasi mengenai fungsi fintech di era serba digital saat ini. Selain itu, juga memberikan informasi fintech dari segi keamanan terutama bagi UKM yang ingin melakukan pinjaman untuk modal kerja. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada Sabtu (21/9/2019).



CEO Danamart, Patrick Gunadi menjelaskan, sebagai perusahaan teknologi finansial, Danamart melihat potensi besar pertumbuhan UKM di Solo, Jawa Tengah. Bekerjasama dengan HIPMI Solo, pihaknya memperkenalkan tentang fintech dan memberikan informasi bahwa fintech merupakan salah satu solusi tepat yang bisa dimanfaatkan pelaku UKM dalam mendapatkan pinjaman modal kerja.

"Melalui permodalan yang lancar diharapkan usaha mikro yang ada bisa berkembang menjadi usaha kecil bahkan menengah, salah satu bentuk fintech yang memberikan moda kerja adalah Danamart itu sendiri. Danamart merupakan mitra terpercaya UKM untuk tumbuh dan berkembang. Kami akan selalu ada untuk UKM," paparnya.

Pendanaan modal kerja melalui fintech saat ini dinilai sedang bertumbuh secara pesat. Salah satu faktor yang menyebabkan pesatnya pertumbuhan tersebut adalah faktor kemudahan dalam prosesnya. Pelaku UKM cukup mengunggah dokumen, legalitas, hingga penandatanganan dokumen yang dilakukan secara digital. Dengan demikian, fintech dinilai dapat memangkas waktu dalam pengajuan pinjaman modal.

Patrick menerangkan kerjasama dengan HIPMI ini adalah sebagai salah satu bentuk dedikasi Danamart dalam mendukung dan membantu UKM di Indonesia. Melihat pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah yang meningkat dan merupakan salah satu sentra ekonomi terbesar di pulau Jawa, membuat Danamart yakin dapat memberikan kontribusi yang tepat.

"Hingga saat ini Danamart telah menyalurkan dana untuk sektor UKM lebih dari Rp 40 miliar di seluruh Indonesia di berbagai sektor," tutup Patrick. (rum)

(wd)