Ekonomi & Bisnis

Ketum HIPMI Terpilih, Guruh Siap Sebarkan Minat Kewirausahaan

Ekonomi & Bisnis

24 September 2019 20:39 WIB

Guruh Adi Novianto, Ketum HIPMI 2019-2022.

SOLO, solotrust.com - Kemajuan teknologi direspon positif oleh Ketua Umum Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Kota Surakarta (BPC HIPMI Kota Solo) periode 2019-2022, Guruh Adi Novianto. Pihaknya menilai Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Solo agak kurang keingintahuannya terkait teknologi. Ke depan ia akan menyebarkan virus Revolusi Industri 4.0 sesuai peekembangan jaman ke UKM-UKM.

Baca: Menjelang Muscab, Debat Caketum HIPMI Solo Digelar



"Kalau dulu investasi berbentuk emas dan tanah, sekarang bentuknya macam-macam. Ada juga digital marketing, kalau saya lihat cukup baik. Pasti ada untuk potensi, tapi mereka belum berani mengemas branding untuk promo. Padahal produk yang menarik, bagaimana kita angkat mereka secara promo, dengan pendanaan, dan tentu di generasi muda cukup banyak untuk minat entrepereneur," terangnya usai terpilih sebagai Ketum saat Musyawarah Cabang (Muscab) HIPMI Solo di Hotel Haris Solo, Sabtu (21/9/2019).

Pihaknya menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak dan menilai jabatan Ketum sebagai amanah untuk membangun berama dan menjadikan HIPMI lebih rukun dan solid. Sebagai langkah awal, Guruh akan membangun kebersamaan lebih dulu untuk memunculkan rasa memiliki agar dapat bersinegi secara aktif hingga lintas kota dan provinsi. Termasuk menciptakan UKM yang visioner, inovatif dan mempunyai gagasan baru.

Pria yang sebelumnya menjabat sebagai bendahara HIPMI BPC Kota Solo tersebut ingin menciptakan suasana yang menyenangkan dalam organisasi. HIPMI dinilai harus gayeng agar tidak kaku dan terbatas, harus kenal secara emosinal, sehingga sinergi lebih enak. Guruh berharap HIPMI menjadi tempat bersama agar lebih hidup, kantor BPC Solo menjadi kantor bersama untuk kegiatan apapun. Dalam waktu dekat ia ingin berkumpul dengan Ketum HIPMI BPC Solo dari awal berdiri sampai sekarang. Agar generasi sekarang tidak meninggalkan akarnya kemudian bisa tumbuh dan bangkit.

Soal program, Guruh memastikan akan melanjutkan kegiatan yang bersifat pengembangan kemampuan bisnis seperti Aku Bisa (Akademi Kewirausahaan dan Bisnis Surakarta) akan dilanjutkan untuk menularkan virus entrepereneur ke generasi sekarang. Selain itu, juga merespon isu-isu dunia bisnis dalam pertemuan non formal sebulan sekali agar bisa muncul ide bersinergi.

"Program Aku Bisa adalah hal yang baik, virus entrepreneur harus ditularkan tidak hanya di level kampus tapi juga di SMK. Dalam menjadi pengusaha yang paling utama orang harus fokus dan konsisten. Menjadi pribadi yang berani mengambil resiko (risk taking), dan harus berdoa," paparnya.

Ketum BPC HIPMI Solo periode 2016-2019, Syamsul Hadi mengatakan, Ketum baru harus membawa HIPMI lebih baik lagi dalam berbagai hal terutama tetap menjaga kerukunan. Melanjutkan program yang membuat anggota secara kapasitas bisnis terus meningkat. Dengan melakukan pelatihan, workshop, merancang jalinan komunikasi dengan dunia bisnis di luar daerah, jaringan permodalan, networking dan lainnya.

"Di HIPMI ini bertanding untuk bersanding, berkompetisi untuk berkolaborasi, tidak ada lawan tapi yang ada hanyalah kawan. Nah ini yang harus dijaga marwahnya seperti itu, marwah kekeluargaan dan pertemanan jangan sampai pecah. Dengan adanya kompetisi ini menjadikan lebih kuat lagi dalam berkolaborasi," tegasnya.

Terkait Muscab, pria yang akrab disapa Syamha ini menjelaskan, pelaksanaan Muscab dari awal sesuai rencana, tamu yang hadir luar biasa dan meriah. Sempat dihadiri Wakil Wali Kota Solo Achmad Poernomo. nggota yang hadir di Muscab ini yang punya hak pilih sebanyak 98 orang dari 270an yang memiliki hak suara, artinya dari 2/3 kuorum sudah terpenuhi. Pengusaha senior juga menunggu hingga proses selesai.

"Proses demokrasi di HIPMI berjalan dengan happy, menyenangkan dan ceria. Laporan pertanggungjawaban sudah disampaikan kepada anggota dan diterima meski diakui ada beberapa program yang belum dapat terselesaikan 100 persen. Harapannya Ketum yang berikutnya dapat melanjutkan program-program sehingga dapat berkesinambungan," jelasnya.

Pencapaian periodenya yang dibanggakan adalah berhasil membangun kantor BPC Solo. Dengan harapan kantor ini bisa dimaksimalkan anggota maupun masyarakat umum khususnya memberikan pembelajaran kewirausahaan kalangan generasi muda. Sehingga ke depan peran HIPMI untuk mempersiapkan generasi pengusaha ini bisa lebih nyata lagi. Kedua, program sekolah bisnis Aku Bisa yang harus dapat diteruskan pengurus selanjutnya.

Baca: Paparkan Visi dan Misi, Guruh Adi Novianto Siap Pimpin HIPMI Surakarta

Guruh adalah kandidat Ketum nomor urut dua yang saat pemungutan suara unggul dengan 83 suara atas kandidat nomor urut 1 Antok Boni Trisnanto yang mendapat 13 suara. Antok menerima terpilihnya Guruh sebagai Ketum dengan legowo. Ia mengucapkan selamat dan sukses serta siap mendukung Guruh di periode 2019-2022. (Rum)

(wd)