Rabu , 20 November 2019

Sedotan Dari Rumput Liar yang Ramah Lingkungan

24 September 2019 00:27 WIB


Sedotan berbahan rumput liar.


Solotrust.com- Sampah plastik menjadi momok hampir sebagian besar negara – negara di belahan dunia mana pun. Sampah  dari plastik  cenderung susah untuk diurai dan akan terus bertahan selama beberapa puluh tahun baru kemudian bisa terurai.



Pun demikian dengan keberadaan sedotan plastik. Meskipun sepele, namun sedotan plastik juga turut menjadi penyumbang terbanyak sampah yang berbahan dari plastik. Sebab, hampir di setiap warung – warung pinggir jalan, para penjual selalu memakai sedotan plastik untuk para pelanggannya.  

Namun di Vietnam seorang pria melakukan sebuah inovasi tentang bahan untuk membuat sedotan yang ramah lingkungan dan praktis. Pria kreatif tersebut bernma Tran Minh Tien. Tran menggunakan rumput liar untuk membuat sedotan yang ramah lingkungan dan mudah didaur ulang.

Tran menggunakan rumput liar berjenis Lepironia Articulata yang biasa tumbuh di lapangan Mekong Delta Vietnam. Rumput ini merupakan rumput liar dengan ciri – ciri berbentuk panjang dan dengan lubang di tengahnya.

Menurut Tran langkah pertama untuk membuat sedotan dari rumput adalah dengan cara mencuci rumput  - rumput yang telah diambil lalu memotong rumput tersebut menjadi sepanjang kira – kira 20 cm.  

“Lubang pada batang tengah rumput dapat dicuci dengan sejenis logam. Kemudian rumput dicuci kembali untuk kedua kalinya setelah itu baru dikemas.” Ungkapnya seperti dikutip VN Express International beberapa waktu yang lalu.

Tran membuat dua jenis sedotan yang pertama sedotan rumput fresh. Sedotan rumput fresh yakni sedotan bisa disimpan di kulkas selama dua minggu, tapi kalau di ruangan tanpa pendingin es maka sedotan hanya bisa tahan untuk satu minggu. Sedangkan produk satunya ialah sedotan rumput dry, prosesnya dibuat dengan cara dikeringkan terlebih dahulu dengan panas sinar matahari, lalu berlanjut dimasukkan ke dalam oven dan penggunaannya bisa bertahan sampai 6 bulan.

Tapi pada prinsipnya kedua jenis sedotan rumput itu hanya bisa dipakai untuk sekali pakai saja di restoran. Namun apabila konsumen individu ingin menggunakannya berkali – kali silahkan, karena terbuat dari rumput, maka aroma dari sedotan ini tercium alami dan lembut khas seperti aroma rumput.  

“Sedotan ini cara membersihkannya setelah dipakai ialah dengan menggunakan air garam dan tiriska.” ujar Tran menjelaskan cara pembersihannya. (dd)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com