Kamis , 20 Februari 2020

V BTS Cetak Rekor di SoundCloud dengan Scenery, Winter Bear dan 4 Oclock

23 September 2019 21:33 WIB


V BTS. (Dok. Big Hit Entertainment).

Solotrust.com - V BTS berhasil mencetak rekor baru dalam sejarah musik Korea Selatan di SoundCloud.  Penyanyi dengan nama asli Kim Taehyung ini menjadi artis K-Pop pertama dan saat ini satu-satunya yang memiliki 3 lagu original yang telah distreaming lebih dari 45 juta kali di SoundCloud, yakni "Scenery", "Winter Bear" dan "4 O'clock".

Pada awal 2019, V merilis "풍경" atau "Scenery". Dalam pengerjaanya, lagu tersebut dibuat V bersama DOCSKIM. 



"Scenery" adalah lagu yang lembut dengan lirik yang indah seperti "Di jalan yang dipenuhi bunga-bunga ini, aku melihatmu lagi, apakah kamu akan tertinggal di dalam diriku? Di taman tempat bulan fajar berlalu, saat itu aku mengumpulkan perasaanku, lagu ini untukmu."

V diketahui sangat menyukai fotografi. Cover visual untuk lagu ini pun adalah V yang terlihat sedang memotret, yang juga sesuai dengan judul lagunya.

"Scenery" pun menjadi lagu tercepat yang bisa mencapai 100 juta kali streaming di SoundCloud. Pada Senin (23/7/2019), lagu itu telah distreaming hingga 148 juta kali.

Pada Agustus 2019, V kembali merilis lagu ciptaannya yakni "Winter Bear". Hingga saat ini, lagu itu sudah distreaming hingga 54 juta kali.

"Scenery" ditulis dalam Bahasa Inggris dengan video musik (MV) yang disutradarai sendiri olehnya. MV itu berisi cuplikan-cuplikan perjalanannya di berbagai kota di dunia dalam tur "Love Yourself: Speak Yourself".

"Winter Bear" adalah lagu yang hangat dengan lirik yang indah. Dimulai dengan melodi gitar akustik, lagu yang judulnya terinspirasi dari beruang yang berhibernasi di musim dingin itu menyampaikan lirik yang menenangkan melalui suara V yang dalam.

Melalui lagu itu, V menggambarkan bagaimana masa-masa yang kelam menjadi tidak berarti apa-apa lagi bila bisa bertemu dengan orang yang kita sayangi. Hal ini tercermin dalam lirik "Bayangkan wajahmu, mengatakan halo padaku. Lalu semua hari yang buruk, mereka tiada artinya bagiku, denganmu."

Lagu itu ditulis V bersama Hiss Noise, Adora dan RM BTS. Di Twitter, V mengunggah postingan dengan caption "Aku yang menulis lirik Bahasa Inggris untuk pertama kalinya. Aku menulis lirik sambil menonton film selama tur. Terima kasih RM atas bantuanmu."

Meskipun banyak ARMY yang merayakan lagu ini sebagai hadiah untuk 1.000 hari frase "I purple U", namun lagu ini mungkin lebih personal dari itu, yakni sebagai  penghormatan untuk tahun ketiga kepergian nenek V. Hal ini terlihat dari kesesuaian tanggal rilisnya.

Dalam lagu ini V seperti mengenang memori tentang neneknya dan berharap neneknya secara metaforis beristirahat dalam damai, seperti beruang yang berhibernasi di musim dingin.

Sementara pada 2017, V merilis lagu yang ia buat dengan RM berjudul "4 O'clock". Hingga saat ini, lagu itu sudah distreaming hingga 48 juta kali.

Dalam salah satu episode dalam Bon Voyage, V pernah membacakan suratnya untuk Jimin. Surat itu berisi ungkapan terimakasih V pada Jimin yang telah menjadi sahabat terbaiknya, yang tertawa dan menangis bersamanya. Apa yang V ceritakan dalam surat itu terlihat memiliki korelasi dengan lagu "4 O'clock"

"...Semua kenangan indah yang pernah kita lalui membuatku bahagia. Dan maaf karena aku selalu yang berada di posisi menerima. Ketika aku menangis di kamar mandi, kamulah yang tetap menangis bersamaku di sana. Kamu tiba-tiba datang menemuiku ketika subuh, tertawa bersamaku. Terimakasih karena telah peduli dan memikirkanku. Kamu bekerja keras karena aku dan juga memahamiku karena peduli denganku. Terimakasih telah mendengarkan hal berat yang sedang aku pikirkan dan terimakasih telah menyukai teman yang banyak kekurangannya seperti aku ini. Ke depan, ayo kita hanya berjalan di jalanan berbunga (jalan yang bahagia). Aku mencintaimu, chingu," tulis V. Kata "chingu/teman" dipakai karena V dan Jimin seumuran, sama-sama lahir pada tahun 1995.

Sementara itu, lirik V dalam lagu "4 O'clock" adalah:

"Sebuah surat yang panjang, surat yang panjang untuk bulan. Meskipun tidak akan lebih terang darimu (bulan), namun aku menyalakan sebuah lilin kecil. Di sebuah taman yang berdebu, seekor burung yang tak mempunyai nama bernyanyi 'dimanakah kamu? Mengapa kamu menangis? Hanya aku dan kamu yang ada di sini. Ya, kamu dan aku'. Mengikuti malam yang dalam, suara nyanyianmu, membawa kepada cahaya merah (fajar) selangkah demi selangkah. Subuh berlalu dan ketika bulan tertidur, maka bayang-bayang biru yang membersamaikupun lenyap."

Lirik tersebut seperti menggambarkan persahabatan V dan Jimin. Sesuai dengan surat itu, Jimin pernah menemani V untuk menjadi teman berbagi kesedihannya pada suatu subuh. Ini sesuai dengan lirik "Dimanakah kamu? Mengapa kamu menangis? Hanya aku dan kamu yang ada di sini. Ya, kamu dan aku".

V menggambarkan dirinya sebagai lilin dan Jimin sebagai bulan. Meskipun sama-sama cahaya, namun Jimin bagi V lebih terang. V yang lebih banyak menerima dari Jimin. Vpun sadar jika dia adalah teman yang memiliki banyak kekurangan. Meskipun begitu, V tetap ingin menyampaikan terimakasihnya kepada Jimin.

Selain itu, tertulis juga bahwa ketika subuh dengan cahaya merahnya datang, maka bayang-bayang biru yang menemani mereka pun lenyap. Bayang-bayang biru bisa diartikan  kesedihan. Sebelum subuh, langit menjadi sangat gelap, selaras dengan perasaan V. Namun setelah Jimin datang dan menolongnya, maka bayang-bayang kelam yang menemani Vpun ikut lenyap, dan yang ada tinggal cahaya merah yang terang benderang. Dengan kata lain, kesedihan V hilang dan pagi atau hari yang indah dan membahagiakan akhirnya datang.

Dengan suara V yang soulful dan dalam, lirik yang menyentuh dan penuh makna, melodi lagu yang indah, hingga kreativitasnya bahkan sampai menyutradarai MVnya, maka tak heran karya V bisa diterima banyak orang dan bahkan berhasil mencetak sejarah dalam musik. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com