Hard News

Ini Dua Pasangan Cabup dan Cawabup Dari DPC PDI Perjuangan

Sosial dan Politik

22 September 2019 08:01 WIB

PDI Perjuangan Boyolali mengusulkan dua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati.


BOYOLALI, solotrust.com- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Boyolali mengusulkan dua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP untuk menyambut pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020.



Terkait hal ini, Ketua DPC PDIP Boyolali, S Paryanto mengatakan, ada dua pasangan Cabup dan Cawabup. Kedua pasangan tersebut yaitu, Muh Said Hidayat berpasangan dengan Wahyu Irawan. Paket kedua adalah Wahyu Irawan dengan Marsono. Kedua pasangan tersebut diputuskan dalam rapat dengan jajaran PAC dan DPC.

“Kami memang mengusung nama tersebut setelah mendengarkan aspirasi yang masuk dari PAC- PAC,” katanya kepada wartawan, Sabtu (21/9/2019) siang.

Dengan cepat memutuskan pasangan bakal calon yang diusung. Pasalnya, DPC hanya menggelar penjaringan secara tertutup.

“Kami tidak menggelar penjaringan secara terbuka. Ini juga instruksi bahwa pengajuan ke DPD dan DPP PDIP paling lambat tanggal 23 September ini," ujar Paryanto.

Dengan begitu, kata dia, kekuatan DPC PDIP Boyolali yang mampu meraih mayoritas kursi di DPRD dengan raihan 35 kursi dari total 45 kursi yang ada. Sehingga PDIP dapat mandiri untuk mangajukan pasangan calon dalam Pilkada mendatang.

“Beda kalau koalisi dengan partai lain, maka perlu pembahasan dengan mitra koalisi. Sehingga mungkin lewat penjaringan terbuka dan butuh waktu lebih lama," ujar dia.

Dikatakan dia, diusungnya dua pasangan tersebut juga sebagai respon atas ketentuan partai yang menginstruksikan pengajuan pasangan calon minimal dua pasang. Nama yang diusung pun sudah melalui pertimbangan matang.

Dimana Muh Said Hidayat yang kini menjabat sebagai Wabup Boyolali sudah memiliki konstribusi yang besar terhadap partai. Demikian pula Wahyu Irawan yang berlatar belakang pengusaha, memiliki kontribusi terhadap kegiatan partai.

“Semua sudah dipertimbangkan mendalam. Sedangkan Marsono saat ini menjabat selaku Sekretaris DPC PDIP dan juga anggota DPRD," tandasnya.

Setelah pengusulan, lanjut dia, maka nantinya digelar sekolah partai. Sehingga pasangan calon yang akan masuk ke eksekutif mengetahui tugasnya, termasuk koordinasi dengan legislatif.

“Di sana, mereka akan digembleng lebih lanjut. Nantinya akan ada pendidikan partai," pungkasnya. (Joko)

(wd)