Entertainment

BLACKPINK Raih Sertifikasi Silver di Inggris, Capaian Pertama untuk Girlgroup K-Pop

Selebritis

22 September 2019 03:56 WIB

Dua Lipa & BLACKPINK. (Foto: via Instagram @blackpinkofficial).

Solotrust.com - BLACKPINK kini menjadi girlgroup K-Pop pertama yang mendapatkan sertifikasi silver di Inggris.

Pada 20 September 2019, via Twitternya, @BRITs, British Phonographic Industry (BPI) mengumumkan bahwa lagu kolaborasi Dua Lipa dan BLACKPINK yakni "Kiss and Make Up" mendapatkan sertifikasi silver. Sebuah lagu disertifikasi silver jika sudah terjual 200.000 unit. 



"Kiss and Make Up" adalah salah satu lagu dalam album edisi super deluxe  Dua Lipa dari album debutnya, yang rilis Oktober 2018. Lagu yang mengandung unsur tropical sound itu menggunakan lirik baik Bahasa Inggris maupun Korea.

Untuk informasi, sertifikasi BRIT untuk single maupun album dikelola oleh British Phonographic Industry (BPI), asosiasi industri label rekaman di Inggris. Single dan album diberikan sertifikasi berupa platinum, gold dan silver didasarkan pada penjualan dan streaming yang datanya didapat dari Official Charts Company.

Single disertifikasi platinum jika terjual 600.000 unit, gold jika terjual 400.000 unit, dan silver untuk 200.000 unit.

Sementara album mendapatkan platinum jika terjual sebanyak 300.000 unit, gold sebanyak 100.000 unit, dan 60.000 untuk silver.

BRIT juga mengenal multiple certifications atau sertifikasi berganda, misalnya jika sudah terjual 3 juta unit berarti mendapatkan 10x platinum. 

Untuk informasi, BTS sebelumnya menjadi grup K-Pop pertama yang mendapatkan sertifikasi silver BRIT, yakni untuk album "Love Yourself: Answer" dan "Map of the Soul: Persona". (Lin)

(wd)