Kamis , 20 Februari 2020

Album Debut Kang Daniel dan Baekhyun EXO Disertifikasi Double Platinum oleh Gaon

19 September 2019 07:00 WIB


Kang Daniel & Baekhyun EXO. (Gambar: SM Entertainment & Konnect Entertainment).


Solotrust.com - Album debut Kang Daniel "Color on Me" dan Baekhyun EXO "City Lights" sama-sama mendapatkan sertifikasi double platinum dari Gaon (12/9/2019). Sebagaimana terlihat di laman Gaon, album tersebut telah terjual lebih dari 500.000 kopi.



"Color On Me" diketahui memecahkan rekor penjualan album dalam satu hari untuk artis solo Korea Selatan, dengan terjual hingga 342.218 kopi sehari setelah tersedia secara offline.

Sebelumnya, album tersebut dikabarkan telah dipesan melebihi 450.000 kopi dalam seminggu, angka yang sebelumnya belum pernah diperoleh untuk artis solo pria di sana.

Rilis pada 25 Juli 2019, album itu juga berhasil memuncaki chart album iTunes di 15 negara termasuk Indonesia. "Color On Me" terdiri dari 5 lagu yakni "Intro (Through the night)", "Color", "What are you up to", "Horizon", dan "I HOPE".

Album tersebut banyak terinspirasi dari lagu keduanya yakni "Color". Kang Daniel ingin menunjukkan warna uniknya, potensi dan sisinya yang beragam via album ini.

Kang Daniel pun secara pribadi berpartisipasi dalam produksi album ini, dengan harapan menyampaikan pesan tentang menemukan dan menciptakan warnanya sendiri.

Sementara itu, Baekhyun EXO pun berhasil memecahkan rekor di chart Gaon berkat penjualan album solo debutnya "City Lights".

Pada 8 Agustus 2019, Korea Music Content Association (KMCA) secara resmi mengumumkan bahwa mini album "City Lights" telah terjual sebanyak 508.321 kopi dan berada di peringkat pertama chart album bulanan yakni pada bulan Juli 2019.

KMCA mengkonfirmasi bahwa itu adalah penjualan album terbesar bulanan dari artis solo Korea Selatan dalam sejarah chart Gaon hingga saat ini.

Rilis pada 10 Juli 2019, pre-order album "City Lights" diketahui sudah mencapai angka 400.000 kopi.

Paska dirilis, album dengan lagu utama "UN Village" itu juga berhasil menempati peringkat 1 di chart album iTunes di beberapa negara termasuk di Indonesia, Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab.

Album dengan 5 lagu lain yakni "Stay Up", “Betcha", “Ice Queen”, “Diamond”, dan “Psycho" itu diambil dari "kekuatan super" Baekhyun di EXO. Tiap anggota EXO memang dikarakterkan memiliki kekuatan super masing-masing, yangmana milik Baekhyun adalah cahaya. "City Lights" dimaksudkan untuk merefleksikan identitasnya.

Selain keduanya, album lain yang mendapatkan platinum adalah "We Boom" dari NCT Dream dan "What a Life" dari EXO-SC, dengan sudah terjual lebih dari 250.000 kopi.

Selain itu, dalam kategori download ada 3 lagu yang menerima platinum karena sudah melewati 2,5 juta download yakni IU dengan "BBIBBI", TWICE dengan "Dance The Night Away", dan Ben dengan "Love, ing". 

Sementara untuk kategori streaming, ada 3 lagu yang mendapatkan platinum karena telah distreaming hingga 100 juta kali yakni Kim Chung Ha dengan "Gotta Go", Kassy dengan "The Day Was Beautiful", dan Anne-Marie dengan "2002". (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com