Pend & Budaya

Unisri Surakarta Perkuat Pengabdian Masyarakat

Pend & Budaya

16 September 2019 21:04 WIB

Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENADIMAS) II di Ruang Seminar, Lantai 3 Kampus Setempat, Kadipiro, Banjarsari, Solo, Sabtu (14/9/2019).


SOLO, solotrust.com - Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta berupaya meningkatkan peran untuk pengabdian kepada masyarakat dengan menyelenggarakan Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENADIMAS) II di Ruang Seminar, Lantai 3 Kampus Setempat, Kadipiro, Banjarsari, Solo, Sabtu (14/9/2019).



Baca: Perkuat SPMI, AMI dan LPM, Kampus Unisri Gelar Lokakarya dan Bimtek

Ketua Pelaksana, Dewi Ratna Nurhayati mengatakan, tujuan dari seminar ini ialah untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini diikuti sebanyak 160 peserta yang merupakan dosen dari berbagai wilayah di Indonesia.

“Tema yang kami usung adalah Inovasi Sains, Teknologi dan Sosial Humaniora Dalam Meningkatkan Peran Perguruan Tinggi Untuk Memperkuat Daya Saing Bangsa. Di sini kami bertukar ide, pengalaman, penelitian dan pengabdian, sehingga bisa lebih banyak mengabdi pada negeri, khususnya dalam menunjang ekonomi kreatif, yang berujung pada kesejahteraan masyarakat," papar Dewi di sela-sela kegiatan

Sementara itu, Rektor Unisri, Prof.  Sutardi mengatakan, bahwa tema Senadimas II selaras dengan target pemerintah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk memajukan Indonesia. Di mana peran utama dosen adalah melaksanan tri dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Ketiga dharma tidak bisa dipisahkan, saling terkait, saling mendukung,” ucap Rektor.

Melalui seminar ini, kata Rektor, diharapkan memunculkan publikasi yang menunjang tri dharma perguruan tinggi sehingga perguruan tinggi benar-benar berkontribusi nyata untuk masyarakat.

“Tidak sekedar mengumpulkan angka kredit, namun bisa untuk forum tukar informasi, ide dan pemikiran yang berkontribusi nyata untuk masyarakat," jelasnya.

Baca: Unisri Mendapatkan Kesempatan Asesmen Beasiswa BI

Adapun dalam Senadimas II menghadirkan dua pembicara  Edi Kurniadi yang merupakan reviewer tingkat nasional, bersama  Edi Listanto memaparkan tentang Peran Perguruan Tinggi Dalam Memperkuat Daya Saing Bangsa Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat. Para peserta juga mempresentasikan hasil pengabdian kepada masyarakat, sekaligus tukar informasi dalam pelaksanaan pengabdian. (adr)

(wd)