Kamis , 21 November 2019

Kagumi Waljinah, Gubernur Jateng Kunjungi Museum Batik Walang Kekek

11 September 2019 17:01 WIB


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi musem batik walang kekek.

SUKOHARJO, solotrust.com- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi dan melihat langsung ratusan koleksi batik tulis milik  musem batik walang kekek. Di museum ini  menyimpan ratusan kain  batik, salah satunya yang dikenakan waljinah saat menerima penghargan dari Presiden RI pertama, Soekarno.

Suasana penuh keakraban mewarnai pertemuan antara Gubernur Ganjar Pranowo dengan penyanyi legenda keroncong Indonesia, Waljinah. Pertemuan hangat penuh canda ini berlangsung di galeri Museum Batik Walang Kekek yang ada di Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Dalam pertemuan ini Ganjar melihat sejumlah koleksi milik Museum Batik Walang Kekek. Di museum ini menyimpan ratusan koleksi batik yang dikenakan Waljinah saat menyanyi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.



“Diantara batik itu ada satu koleksi batik yang dipakai Waljinah saat menerima penghargaan dari Presiden Soekarno, kain batik tersebut hingga kini masih tersimpan rapi,“ ujar pendiri museum walang kekek, Ester Wulandari.

Dalam kunjungan ini Gubernur Ganjar Pranowo berharap, batik tulis walang kekek ini menambah kekayaan koleksi batik di Indonesia . Ke depan ia berharap museum batik walang kekek bisa mengangkat  dan melestarikan batik tulis yang kini mulai surut. Hal ini bisa dilakukan dengan mendesign ulang batik walang kekek, dengan motif menyesuaikan perkembangan yang ada.

”Nama kain itu juga berpangaruh lho, bisa saja kan karena tampil di athena, kain itu kita namakan kain batik athena, harus ada terobosan agar batik kita tetap lestari,” ucap ganjar.

Museum batik walang kekek ini didirikan keluarga Waljinah sebagai wujud kecintaan dan keinginan Waljinah untuk melestarikan batik sebagai warisan budaya Indonesia. Diharapkan mesuem ini menjadi referensi batik dan akan memperkaya koleksi batik nusantara.

“Ini wujud kecintaan saya dengan batik, kami berharap batik ini tetap lestari dengan adanya inovasi yang sesuai dengan zamanya,”tutur Waljinah. (nas)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com