Hard News

SIPA 2019 Resmi Dibuka, Ribuan Penonton Padati Benteng Vastenberg

Jateng & DIY

06 September 2019 10:34 WIB

Penampilan Elizabeth Sudira di Solo International Performing Arts (SIPA) 2019. (solotrust.com/noer)

SOLO, solotrust.com - Ditandai Pemukulan gong juga penyalaan kembang api, pembukaan Solo International Performing Arts (SIPA) 2019, Kamis (5/9/2019) malam, dipadati ribuan penonton di Benteng Vastenberg.

Perhelatan pertunjukan seni bertajuk "Arts as Social Action” tahun ini, SIPA tidak hanya menampilkan pertunjukan seni yang mengadaptasi dari isu social, namun juga isu mengenai lingkungan hidup.



Adapun pembukaan ajang pagelaran berskala internasional ini, dimeriahkan Elizabeth Sudira featuring Semarak Candra Kirana (Solo, Indonesia), Chun Seul Dance Company (South Korea), Malay Dance Studio (Riau), Century Contemporary Dance Company (Taiwan), Abib Igal Dance Project (Palangkaraya), Chinese Youth Goodwill Association (Taiwan), Kunokini dan SvaraLiane (Jakarta).

Penampilan maskot SIPA 2019, Elizabeth Sudira memantik kemeriahan acara lewat tembang pilihan berjudul Suka Ria dan Rindu Solo, yang sengaja diciptakan khusus untuk acara SIPA yang berjudul Sukaria.

Penyelenggaraan SIPA tahun ini telah memasuki tahun ke- 11 dan tahun ini mengambil tema Arts as Social Action yang akan di gelar pada tanggal 5 sampai 7 September 2019.

"SIPA tahun ini menampilkan karya para seniman dari dalam maupun dari luar negeri bertempat di Benteng Vastenburg, Kota Solo, Jawa Tengah," ucap Direktur SIPA Irawati Kusumorasri.

Hadir juga tamu istimewa Duta Besar Korea di Indonesia melalui  Kim Chang Beom. Menurut Kim Chang Beom, kehadirannya ke acara SIPA juga membawa misi untuk mempromosika pariwisata Korea Selatan. Dengan menggelar rangkaian kegiatan bertemakan Teman Korea (Teko) Ning Jowo.

"Dalam kegiatan ini kami berkeliling dari Jakarta hingga Surabaya selama enam hari. Saya beberapa kali datang ke Solo, namun baru kali ini menggunakan bus. Sebelumnya mampir ke Cirebon, hari ini ke Solo dan besuk ke Surabaya," imbuhnya.

Bahkan salah satu  youtuber Korea yang digandrungi banyak orang karena bisa berbahasa Indonesia dan bahasa Jawa, Jang Hansol membuat sebagian besar anak muda yang hadir dalam event SIPA 2019 ini berteriak histeris. (Kc)

(wd)